Kejari Majalengka Bakal Lakukan Pendampingan Program Desa Penggunaan Anggaran Rp 1,4 Miliar

MAJALENGKA (CT) – Dalam waktu dekat seluruh kepala desa akan menerima anggaran yang cukup besar, berdasarkan acuan UU No 06 tahun 2014 tentang desa. Besaran anggaran yang akan turun tahun pertama ini adalah sebesar 250 sampai 300 juta pertahun, dan kemudian untuk tahun-tahun selanjutnya bisa mencapai 1 milyar pertahun.

Dengan anggaran yang cukup besar itu, tentunya diharapkan para kepala desa lebih mampu mengelolanya dengan baik dan dapat menggunakannya sebagaimana peruntukkannya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kejari Majalengka, M Basyar Rifai mengatakan berdasarkan instruksi dari pihak Kejagung, pihaknya juga akan melakukan pendampingan ke setiap desa, yang bertujuan untuk mengarahkan para kades menggunakan anggaran tersebut sebagaimana mestinya.

“Sudah ada program pendampingan dari Kejagung untuk mengawal penggunaaan anggaran desa tersebut, tahun ini kami dengar besarannya 250 sampai 300 juta pertahun. Akan tetapi mengenai teknisnya kami masih menunggu instruksi selanjutnya. Hanya saja kami telah melakukan sosialisasi mengenai hal ini kepada sebagian desa tentang pentingnya menggunakan anggaran desa sesuai peruntukannya,” tandasnya, Jumat (24/07).

Rifai mengatakan pihaknya juga meminta agar kepala desa merencanakan secara lebih dini dan matang terkait anggaran yang akan digunakan tersebut, dengan begitu maka akan dapat meminimalisir penyalahgunaan anggaran.

“Intinya anggaran tersebut harus direalisasikan sebagaimana mestinya, misalnya ada indikasi anggaran tersebut disalahgunakan maka pihak yang berwenang pastinya akan segera memproses,” ujarnya. (Abduh)

1608 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*