Kejari Majalengka Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Dugaan Korupsi BUMN PT Sanghyang Sri

Majalengkatrust.com – Kejaksaan Negeri Majalengka kembali menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi dana CSR BUMN PT Sanghyang Sri. Sebelumnya telah menetapkan tersangka Wakil Ketua DPRD Majalengka dari Fraksi Gerindra, AS dugaan korupsi yang merugikan negara sekitar Rp. 2,8 miliar.

“Sudah ada tersangka baru inisial “Anu” masih rahasia, dalam kasus dugaan korupsi BUMN PT Sanghyang Sri,” kata Kasi Pidsus Kejari Majalengka, Mahdi Suryanto, Rabu (30/11).

Tersangka baru ini, menurut dia merupakan split kasus dari berkas perkara dugaan korupsi yang telah menetapkan Wakil Ketua DPRD, AS sebagai tersangka.

“Bahkan status AS kini sudah terdakwa dan proses persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, sudah tahap pemeriksaan saksi-saksi ahli, baik ahli perdata dan ahli pidana dari pihak AS,” jelas Mahdi.

Mahdi yang bertindak sebagai JPU, bersama tiga Jaksa dari Kejari Majalengka mengungkapkan setelah agenda pemeriksaan saksi-saksi ahli, ke depan agenda persidangannya pemeriksaan terdakwa.

“Setelah itu baru JPU membuat tuntutan,” ungkap Mahdi.

Mahdi mengungkapkan dari hasil audit Kantor Akuntan Publik dari kerugian negara senilai 2,8 miliar yang dipakai tersangka, AS senilai Rp. 1,5 miliar.

“Sekarang sedang menunggu itikad baik, pengembalian kerugian negara dari tersangka, AS, pemberantasan korupsi itu tidak hanya memenjarakan orang, tapi bagaimana mengembalikan keuangan negara,” ungkap Mahdi.

Apabila tidak ada pengembalian kerugian negara dari tersangka AS, Mahdi mengungkapkan pihaknya akan melakukan penyitaan aset-aset yang dimiliki tersangka AS yang diduga hasil tindak pidana korupsi dan akan dilelang.

Sementara itu pengacara AS, Cepi Pamungkas menyatakan pihaknya melakukan gugatan perdata ke PN Subang untuk kasus dana CSR ini karena menurutnya kasus ini adalah perdata yaitu utang-piutang dengan tergugat Seksi Datun Kejaksaan Negeri Majalengka. (Abduh)

1725 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*