Kemarau Panjang, Lima Bulan Situ Angrarahan Majalengka Tinggal Tanah Retak-retak

MAJALENGKA (CT) – Kemarau panjang mengakibatkan Situ Angrarahan di wilayah Cipaku, Desa Jatitengah, Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka kering kerontang.

Kubangan terakhir bekas air situ yang semakin menyempit tinggal tanah kering yang retak-retak. Pantauan CT di lapangan, Rabu (14/10), Situ yang sejak beberapa tahun dibagi menjadi 2 bagian itu, satu bagian hanya terdapat rumput kering yang bekas dibakar, sedangkan bagian lain, tanah lapang yang gersang.

Di tengah lapangaan gersang itu, beberapa bagian tampak retak-retak, pada salah satu titik tanahnya retak-retak yang sebagian di antaranya sudah terkelupas. Tempat tersebut sebelumnya adalah kubangan air terakhir, sebelum Situ Anggrarahan kering kerontang.

Tidak jauh dari lokasi itu, juga ada sumur umum, yang biasa dimanafaatkan oleh warga sekitar untuk tempat mandi dan mencuci. Kedalaman air sekira 10 meter, berbeda sekali dibandingkan musim penghujan yang hanya sekira 5 meter. Saat musim hujan malah banjir.

“Sejak beberapa tahun lalu, kondisinya semakin dangkal, sehingga tidak banyak menyimpan air, termasuk mengairi persawahan. Sekarang ini sudah lima bulan kering kerontang. Bagian yang paling dalam sudah kering sekali dan tanahnya retak-retak,” ungkap Musa (65), warga setempat kepada CT, Rabu (14/10)

Bersama dengan Dian, dia mengungkapkan, Situ Anggrarahan yang sebelumnya memiliki luas hampir 25 hektar, musim kemarau seperti ini dimanfaatkan oleh warga untuk bertanam palawija, Sebagian dijadikan lapangan sepak bola, sedangkan lainnya tetap menjadi embung.

“Ketika dibagi dua, air di embung cepat surut. Mungkin mata airnya tertutup. Pernah diupayakan dengan melakukan penggalian mencari mata air, akan tetapi tidak berhasil,” tuturnya.

Lurah setempat Hasan, juga sepakat mengembalikan fungsi Situ Angrarahan sebagai penampung air serta sumber pengairan persawahan di sekitar wilayah tersebut. Keinginan tersebut, seiring dengan efek pembangunan Bandara Internasional jawa Barat. (Abduh)

2445 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*