Kembangkan Buah Tin dari Arab Saudi Datangkan Keuntungan

MAJALENGKA (CT) – Setelah cukup sukses  beternak jangkrik, Warsita Sarki warga Dusun Hegarmanah, Desa Pasindangan Kecamatan Jatitujuh, kini tengah mengembangkan tanaman buah tin  dipekarangan rumahnya.

Dari penuturan Warsita, dirinya sudah cukup lama mengembangkan tanaman buah tin asal Saudi Arabia dengan sistem cangkok. Menurutnya, kini dirinya memiliki sekitar 50 bibit tanaman buah tin siap  jual untuk ditanam  dan dikembangbiakan.

Diakuinya dirinya pertama mendapatkan bibit tanaman buah Tin dari Rajagaluh setahun lalu dan kini pohonnya terus tumbuh dengan subur dan berbuah.

“Sekitar 6 bulan lalu saya memulai mencangkok tanaman buah tin dan ternyata cukup diminati karena  buah tin dan daun tanaman tin memilikikhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, kami jual satu pohon tin seharga Rp. 35 ribu dan bisa ditanam dengan media pot,” tutur Warsita, Minggu (10/04).

Dibeberkan dia,  adapun manfaat buah tin seperti yang diungkapkan Prof JA Vinson U Of Seraton dari  USA  menyebutkan, bahwa  buah tin tidak mengandung garam, lemak dan kolestrol tetapi mengandung lebih tinggi kalium. sarat dan zat besi.

Hasil penelitian dalam 100 gram buah tin, lanjut dia,   mengandung 20 persen daripada keperluan zat serat seharian untuk tubuh kita. Dari jumlah tersebut lebih 28 persen jenis serat berlarut .

“Buah tin ini bermanfaat untuk  mengobati wasir,  karena buah ini berfungsi melancarkan buang air besar dan menahannya. mengobati encok, karena  meresapnya asam garam atau urat dalam persendian. Selain buah tin yang memiliki khasiat juga daunnya memiliki manfaat untuk obat kencing batu, diabetes dan asam urat,” beber dia.

Ditambahkan Warsita, dauh buah tin  juga memiliki khasiat utuk mengobati penyakit diabetes, caranya  rebus limarruas daun tin, lalu diminum airnya. Dikatakan,  air rebusan  daun tin dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal. “Kami juga menjual daun buah tin untuk obat berbagai penyakit seperti diabetes,” ucapnya. (Abduh)

1713 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*