Kemenkumham dan LBH Gencar Lakukan Penyuluhan Hukum ke Desa

MAJALENGKA (CT) – Kementerian Hukum dan HAM dan LBH (Lembaga Bantuan Hukum) gencar melakukan penyuluhan Hukum merupakan kegiatan yang sedang digencarkan untuk membuka wawasan masyarakat tentang hukum ke desa-desa.

Seperti dilakukan Lembaga Bantuan hukum (LBH) Persada Majalengka dengan  Kemenkumham mengelar penyuluhan hukum di Desa Sinargalih kecamatan Lemahsugih kabupaten Majalengka dengan tema Implementasi Undang-Undang  no.16 tahun 2011 Tentang Bantuan hukum.

Acara tersebut dihadiri masyarakat desa setempat, Pemcam, dan Pemdes dan masyarakat serta undangan lainnya.

Ketua LBH Agus Setiawan, SH menuturkan bahwa kegiatan penyuluhan hukum merupakan kegiatan penting yang wajib dilakukan oleh Lembaga Bantuan Hukum karena dengan penyuluhan kita bisa sekaligus mensosialisasikan keberadaan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) kepada masyarakat secara langsung selain Untuk dapat mencerdaskan hukum.

“Penyuluhan hukum ini sangat penting untuk dilakukan terutama mengenai program bantuan hukum yang merupakan implementasi dari UU.NO 16 tahun 2016 tentang bantuan hukum. Di Kabupaten majalengka sendiri realisasi dari UU tersebut belum ada regulasi Perdanya, untuk memberikan bantuan hukum kita masih menginduk ke regulasi Perda Provinsi serta UU tersebut mengingat hak atas bantuan hukum merupakan non derogable right, yakni hak yang tidak dapat dikurangi dan tak dapat ditangguhkan dalam kondisi apapun dan dalam keadaan bagaimanapun” tuturnya, Minggu (03/04).

Pihaknya lebih lanjut mengatakan  bahwa bantuan hukum adalah hak asasi semua orang, dan merupakan tanggungjawab negara untuk dapat mewujudkan equality before the law, acces to justice, serta Fair trial.

Sementara itu Kepala Desa Sinargalih Tatang sangat bersyukur karena wilayahnya dijadikan lokasi penyuluhan hukum.

“Sekarang Pemdes dan masyarakat Desa Sinargalih mendapat pengetahuan tentang hukum apalagi ada bantuan hukum cuma-cuma yang diberikan negara melalui Lembaga Bantuan hukum (LBH) Kami akan memanfaatkan moment ini untuk melindungi kami apabila suatu saat berperkara hukum” katanya. (Abduh)

804 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*