Kepala BPBD Majalengka: 14 Kecamatan Rawan Bencana Akibat Curah Hujan Tinggi

Majalengkatrust.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka, Tatang Rahmat, mengatakan 14 kecamatan di Kabupaten Majalengka rawan bencana akibat tingginya curah hujan.

“Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Majalengka, mengancam 14 kecamatan terutama yang berada di hulu Sungai Cimanuk, lebih buruk lagi diprediksi curah hujan akan terus mengalami peningkatan hingga bulan Desember,” kata Tatang Rahmat, Sabtu (15/10).

Kecamatan-kecamatan yang masuk zona rawan tersebut, lanjut dia, mulai dari Bantarujeg, Cikijing, Kadipaten, Kertajati, Jatitujuh termasuk Ligung.

Menurut dia, walau pun saat ini kondisi debit air di Sungai Cimanuk masih dianggap normal, pasalnya curah hujan yang terjadi masih dianggap kecil.

“Tetapi BMKG memprakirakan musim hujan akan terus terjadi hingga bulan Desember mendatang, dan mulai November curah hujan sudah cukup tinggi, ini pun menjadi kewaspadaan bagi daerah yang dialiri sungai Cimanuk dan daerah selatan yang rawan longsor,” ungkapnya.

Tatang mengungkapkan, BPBD sudah memberikan surat edaran kepada semua kecamatan, agar mewaspadai cuaca ekstrem ini. Ia juga meminta agar masyarakat mendirikan posko tanggap bencana dan selalu melihat gejala-gejala alam, seperti warna air sungai yang keruh dan cuaca gelap.

“Jika ada tanda-tanda bencana sekecil apa pun, segera untuk melaporkannya kepada kami agar bisa dilakukan penanggulangan secepatnya,” tandasnya. (Abduh)

1629 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*