Kesal Jalan Rusak Warga Protes Tanam Pohon Pisang di Jalan

Majalengkatrust.com – Warga Desa Sukahaji dan Cikalong tanami pohon pisang di tengah jalan penghubung antara Kecamatan Sukahaji-Kecamatan Maja. Aksi itu, sebagai aksi protes terhadap kerusakan jalan di wilayah mereka yang sudah bertahun-tahun mengalami rusak parah, Selasa (30/5).

Pohon pisang ditanam disetiap 10 meter satu pohon , sepanjang kurang lebih 100 meteran, sedangkan di titik jalan yang kondisinya lebih parah  dibiarkan tak ditanami pisang, karena khawatit akan lebih menganggu lalulintas kendaraan.

Menurut keterangan Rosi dan Suparman warga Sukahaji serta Surya warga Desa Cikalong, kerusakan jalan di wilayahnya sudah berlangsung hampir lima tahunan, tak heran bila di beberapa titik ruas jalan tak lagi beraspal, yang muncul adalah bebatuan dan lubang dimana-mana.

“Kerusakan ini sudah ada sekitar lima tahun, jalan tidak lagi beraspal,” ungkap Surya.

Yang heran menurutnya adalah kondisi jalan di wilayah lainnya seperti selepas Desa Cikalong, kondisi jalan lebih baik, bahkan beberapa tahun lalu barus aja diperbaiki dengan cara di hotmix, namun untuk ruas jalan antara Perempatan Cikoneng hingga ujung Desa Sukahaji jalan dibiarkan rusak parah.

Padahal menurut Maman panjang ruas jalan yang dibiarkan bertahun-tahun rusak parah ini hanya sekitar 1 hingga 2 km saja.

“Agak aneh kenapa pemerintah membiarkan kondisi jalan seperti ini sementara di tempat lain terus diperbaiki,” ungka Maman.

Padahal lalulintas kendaraan antara Sukahaji-Maja lintas Padahanten ini sangat padat, setiap menit kendraan kecil dan besar melintas.

Bahkan angkutan barang dari arah Rajagaluh menuju Maja atau sebaliknya yang ingin mempersingkat jarak tempuh  melintas ke wilayah tersebut.

“Kalau dulu mungkin pemerintah bisa membiarkan kerusakan jalan karena ada galian pasir dan batu di Cikalong, tapi sekarang kan di tutup, jadi harusnya perbaikan juga dilakukan pemerintah,” kata Rosi.

Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka Eman Suherman disertai Kabis Bina Marga Yana Ruhyana ketika dimintai konfirmasi hal menyebutkan pihaknya akan segera melakukan survei atas kerusakan jalan tersebut.

Yana menyebutkan kalau beberapa tahun sebelumnya kerusakan jalan tersebut biasa diperbaiki oleh pengusaha galian C yang memiliki lokasi galian di Desa Cikalong.

“Kami akan segera melakukan survai ke lokasi tersebut dan diupayakan untuk segera diperbaiki,” ujar Yana. (Abduh)

993 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*