Ketua KPU: Pilbup Majalengka Digelar Serentak dengan Pilgub Jabar

Ilustrasi

MAJALENGKA (CT) – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Majalengka Supriyatna mengatakan, pemilukada Bupati (Pilbup) Majalengka akan digelar serentak dengan pemilu Gubernur (Pilgub) Jawa Barat pada bulan Juni 2018.

“Dari segi biaya memang akan lebih efisien Pilgub digelar serentak dengan Pilbup, namun dari segi dinamika politik diprediksi akan lebih ramai,” kata Supriyatna kepada CT, Rabu (20/04).

Supriyatna mengatakan apabila di Pilgub Jawa Barat parpol A berkoalisi dengan parpol B sementara di Pilbup Majalengka berlawanan maka akan menjadi fenomena yang menarik.

Regulasi sendiri menurut Supriyatna masih tetap mengacu kepada UU No. 8 Tahun 2015, tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Sesuai UU nomor 8 tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, lanjut dia, syarat calon perseorangan dukungan KTP 6,5-10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap, kemudian calon kepala daerah diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki sekurang-kurangnya 20 persen kursi di DPRD, atau 25 persen perolehan suara hasil pemilu legislatif di daerah yang menggelar pilkada.

“Itu aturan yang berlaku saat ini dan bisa saja berubah lagi karena ada wacana revisi UU nomor 8 tahun 2015,” pungkas dia. (Abduh)

939 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*