Khidmat… Rombongan Haji Kecamatan Jatitujuh Dilepas

MAJALENGKA (CT) – Rombongan jemaah haji Kecamatan Jatitujuh tahun 1436 H dilepas secara resmi di halaman Kantor Kecamatan Jatitujuh oleh Camat Jatitujuh Drs Yoyo selanjutnya rombongan jemaah calon haji dari Kecamatan Jatitujuh tahun ini yang berjumlah 56 orang diberangkatkan menuju asrama haji yang kemudian akan diterbangkan menuju tanah suci Mekah, Jumat (04/09).

Sejak pagi hari persiapan telah dilakukan terutama persiapan tempat acara yang sengaja dipilih dihalaman Kantor Kecamatan Jatitujuh, tepatnya di teras Kantor Camat Jatitujuh. Biasannya setiap tahun juga demikian. Acara pelepasan tahun ini masih seperti tahun sebelummnya. Pihak penyelenggara yakni Ikatan Persaudaran Haji (IPHI) Kecamatan Jatitujuh.

Hadir dalam acara tersebut jajaran muspika Kecamatan Jatitujuh, keluarga calon jamaah haji dan tamu undangan. Acara berlangsung khikmat dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an dan ceramah agama tentang ibadah haji. Tujuan dari menunaikan haji itu sendiri adalah untuk menyadarkan kita sebagai Hamba Allah yang Wajib melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, membuang kebiasaan buruk, membiasakan diri untuk memikirkan akibat dari sesuatu hal yang kita lakukan, dengan berhaji kita memulai dengan kesucian, berusaha sungguh-sungguh untuk mencapai taqwa dan pulang dari tanah suci mekah menjadi haji yang mabrur.

Dalam sambutannya Yoyo berpesan kepada jemaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan, kekompakan dan jangan mengutamakan mengerjakan yang sunah hingga yang wajib terabaikan. “Kesehatan merupakan salah satu penunjang agar ibadah kita berjalan dengan khusyuk dan lancar, maka dari itu kesehatan sangat penting untuk dijaga,” ujarnya.

Lebih lanjut Camat Jatitujuh Drs Yoyo menjelaskan ibadah haji adalah niat yang suci dan wajib dilaksanakan bagi yang mampu karna Ibadah haji juga merupakan rukun Islam yang kelima, maka untuk melengkapi rukun islam beribadah hajilah segera bagi yang mampu.

“Ini merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu dan mendapat panggilan dari Allah swt, sebab tidak sedikit dari kita yang secara lahir mampu tapi hatinya belum mendapat panggilan untuk berangkat ke tanah suci,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang perwakilan calon jemaah haji asal Desa Jatiraga Wahidi, mengajak seluruh jamaah untuk mengucapkan talbiah secara bersama-sama dan berpesan kepada seluruh jemaah calon haji agar meluruskan niat dalam melaksankan ibadah haji ketanah suci.

“Dalam melaksanakan ibadah haji hendaknya dengan hati dan niat yang ikhlas, agar seluruh ibadah yang dilakukan dapat diterima disisi Allah swt,” ujarnya. (Abduh)

1701 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*