Kisah Arisman; Terkena Polio Sejak Bayi, 20 Tahun Harus Terkulai di Tempat Tidur

MAJALENGKA (CT) – menderita penyakit polio sejak usia 1 tahun, Arisman (20) anak pasangan Rasita (alm) dan Emah (63) warga Blok Jumat, RT 04/01, Kelurahan Cigasong, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka kini hanya bisa terkulai lemas di tempat tidurnya. Meski usianya sudah dewasa, namun penyakit memaksanya tak bisa berdiri bahkan duduk sekalipun.

Selama ini Arisman anak bungsu dari lima bersaudara ini hanya terbaring di tempat tidur, dengan kondisi tubuh kecil, kurus dengan tinggi badan sekitar 1 meter. Selama ini dia diurus oleh ibunya yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani.

Menurut keterangan Ai Kurniasih kakak ipar Arisman, Arisman ini diduga menderita penyakit polio, karena ketidaktahuan orang tuanya untuk menjalani imunisasi. Penyakit tersebut diderita sejak Arisman berumur beberapa bulan.

“Ibu saya hanya mengobati dengan pengobatan tradisional, mereka tidak mengetahui kalau anak harus diimunisasi,” kata Ai yang rumahnya bersebelahan dengan Emah kepada CT, Kamis (03/12).

Emah, orang tuanya menurut Ai, kini masih mampu bekerja untuk menghidupi diri sendiri dan Arisman. Emah bekerja sebagai buruh tani disaat musim tanam atau panen. Sementara itu Kepala Kelurahan Cigasong Acep Didin dan stafnya Ceti membenarkan kalau Arisman diduga menderita penyakit polio sehingga sejak kecil tidak mampu berjalan. Penyakit Didin berdasarkan hasil penelitian medis tidak mungkin bisa disembuhkan.

Makanya menurut Didin upaya yang dilakukan pihak kelurahan saat ini adalah memberikan bantuan hidup bagi Emah dan Didin lewat beberapa cara, antara lain dengan memohon bantuan melalui Dinas Sosial serta warga setempat.

“Bu Emah ini sebelum ditinggal suaminya sekitar tiga tahun lalu, selalu pulang pergi ke Bogor karena dia bekerja sebagai tukang nyawah di Bogor, Arisman pun kerap dibawa, namun sejak tahun 2012 Emah selalu berada di rumah dan bekerja sebagai buruh tani manakala ada yang menyuruh,” kata Acep.

Sementara Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid,S.ik melalui Subbag Humas Bripka Riyana mengatakan anggotanya sudah ada yang menengok ke rumah Arisman. “Mudah-mudahan ada kepedulian dari kami dan Pemda,” pungkasnya. (Abduh)

2013 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*