KNPI Majalengka Ajak Pemuda Perkokoh Bangsa dengan Nilai Luhur Pancasila

MAJALENGKA (CT) – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Majalengka mendorong pemerintah pusat untuk menetapkan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila menjadi hari libur nasional.

” Karena sebagai bangsa yang besar, merdeka, berdaulat kita perlu untuk meluruskan sejarah perjuangan bangsa yang benar dan khususnya tanggal 1 Juni 1945 lahirnya gagasan-gagasan Pancasila yang disampaikan pada pidato Bung Karno,” kata Ketua DPD KNPI Majalengka Aceng Sunanto, Selasa (31/05).

Aceng Sunanto menjelaskan momentum hari lahir Pancasila memiliki arti yang sangat penting dalam babak sejarah kemerdekaan Indonesia, dimana pada 1 Juni 2016 kali ini genap 71 tahun usia Pancasila. Dalam ulasan sejarah, 1 Juni menjadi tanggal yang sangat penting, karena di situlah Pancasila telah lahir, dan inilah hari lahir dasar negara, pemersatu Sabang hingga Merauke

Menurut Aceng penetapan hari lahir Pancasila 1 Juni ini dapat menjadi daya dorong yang kuat untuk meneguhkan komitmen bernegara dalam masyarakat yang pluralistik. Namun, pendampingan dan keteladanan harus ditunjukkan kepada generasi muda wajib dilakukan secara intensif. Hal itu mengingat tantangan yang dihadapi generasi mendatang semakin komplek.

“Untuk itu DPD KNPI Majalengka akan terus berperan aktif dengan pemerintah dalam pemberdayaan pemuda dan ormas khususnya di Kabupaten Majalengka,”kata Aceng.

Aceng menegaskan KNPI Majalengka mengajak para pemuda untuk terus memperkokoh bangsa dengan nilai luhur Pancasila. Hal ini merupakan awal untuk menyadarkan kembali segenap komponen bangsa terhadap tujuan awal pedirian negara dan bangsa Indonesia. (Abduh)

1824 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*