Kondisi Air Kolam Susut, Pemilik Lelangkan Ikan

MAJALENGKA (CT) – Sejumlah pemilik kolam ikan di Kelurahan Simpeureum, Kecamatan Cigasong dan Kelurahan Majalengka Wetan serta serta Desa Sinarjati Kabupaten Majalengka panik akibat pasokan air ke kolam mereka terhenti. Kondisi itu terjadi, sejak seminggu yang lalu.

Sebagian pemilik kolam ikan terpaksa melelangkan ikannya, khawatir ikan akan mati mubajir, sebagian pemilik kolam lainnya memilih mengeringkan kolam dan berupaya menanfaatkan lahan untuk kandang ternak.

Sri dan Iling warga di Kelurahan Simpeureum, kolam ikannya sudah hampir seminggu lebih tidak mendapat pasokan air, sehingga kondisi kolam ikan mengalami kekurangan volume air hingga 560 persennya.

Kolam ikan milik Iling malah terpaksa dikeringkan, karena sudah benar-benar mengering, ikannya dia lelangkan kepada bandar di Pasar Majalengka.

“Kalau tidak segera dilelangkan, tidak akan terselamatkan. Ikan akan mati cuma-cuma,” kata Iling kepada CT, Selasa (20/10).

Demikian juga dengan kolam ikan milik, Sri yang kolamnya ditanami berbagai jenis ikan seperti gurami, mas, mujair dan patin tewrpaksa dilelangkan, khawatir tidak terselamatkan. Aliran air dari sungai Cigasong, sudah benar-benar kering. Beberapa ikan gurami yang beratnya rata-rata 1 kilogram dijual murah hanya Rp 30.000

“Padahal di pasaran, harga ikan gurami mencapai Rp 40.000 perkilogram,” kata Sri.

Hal serupa dialami juga oleh, Juremi warga Desa Sumberjaya, begitu mengetahui kondisi air di kolam ikannya mulai surut, langsung mengangkat seluruh ikannya dan membagikannya ke seluruh tetangga.

“Kolam ikan saya sudah sebulan yang lalu kering, ikannya semua dibagikan ke tetangga,” kata Juremi.

Lain halnya dengan M Ayub warga Desa Sinarjati, Kecamatan Dawuan, tiga kolam ikan yang posisinya berderet memanjang begitu kemarau panjang tiba, kolam ikannya langsung dialihfungsikan menjadi kandang sapi.

“Memelihara sapi tidak terlalu beresiko dibanding ikan,” tukasnya. (Abduh)

1110 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*