Kreatif… Siswa SMK Ini Buat Kerajinan dan Miniatur Alat Musik dari Bahan Bambu

MAJALENGKA (CT) – Kehadiran Paguyuban Rangrang Patali di Desa Majasuka Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka telah memberi banyak pengaruh positif bagi masyarakat sekitar khusunya di kalangan anak muda. Adi Nurahman (17) adalah salah satu penggiat handicraft (kerajinan tangan, red) yang lahir dari paguyuban rangrang patali Desa Majasuka Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka.

“Awalnya saya cuma coba-coba tapi akhirnya jadi ketagihan, lumayan buat tambah-tambah uang jajan,” ungkap Adi saat ditemui CT di kediamannya di Dusun Majamulia RT 003 RW 001, Rabu (12/08).

Barang yang dihasilkan oleh siswa kelas XII SMKN 1 Palasah dan rekan-rekannya ini berupa gantungan kunci angklung, miniatur angklung, miniatur suling, miniatur kendaraan, alat musik Karinding dan kerajinan lainnya. Bahan baku pembuatan barang tersebut adalah bambu, batok Kelapa dan kayu bekas.

“Selain Handicraft miniatur,kami juga membuat alat musik khas sunda seperti Karinding dan Celempung,” ujar Ikman Rikmana (21) dan Apip Paturohman (19) rekan Adi dalam pembuatan kerajinan.

Bidang usaha kreatif ini mereka geluti sejak satu tahun yang lalu, berawal dari iseng dan promosi pun melalui rekan-rekan komunitas hingga akhirnya membuka lapak di toko online. Harga barang produksinya pun bervariasi, mulai dari Rp. 2000 – Rp. 100.000 tergantung jenis barang dan tingkat kesulitan produksi.

“Semakin kesini kami semakin serius dengan usaha tersebut melihat peminat yang semakin banyak dan juga adanya dukungan dari orang tua dan masyarakat sekitar,” Jelas Adi.

Industri kreatif tersebut selain bertujuan untuk bisnis, juga bertujuan menyerap kreatifitas remaja di wilayah sekitar supaya bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan bernilai.

Adi membenarkan bahwa usaha yang sedang mereka tekuni ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda seumurannya supaya bisa melakukan hal positif dan meminimalisir kenakalan remaja pada jaman sekarang.

“Kami berharap bisa membantu rekan-rekan paguyuban dan masyarakat sekitar dengan adanya usaha tersebut, dan pintu kami selalu terbuka bagi siapa saja yang mau belajar atau sekedar lihat-lihat produk kami,” imbuhnya. (Abduh)

4572 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*