Lahan Pertanian di Kaki Gunung Ciremai Dirusak Hewan Liar

MAJALENGKA (CT) – Sejumlah petani di kaki Gunung Ciremai Kabupaten Majalengka Jawa Barat mengeluhkan banyaknya hewan liar yang “turun gunung”, hingga merusak tanaman sayuran dan holtikultura lainnya yang mereka tanam.

“Puluhan lutung (sejenis Monyet-red) menyerang dan merusak tanaman palawija dan sayuran yang kami tanam,” keluh Darjo (45) petani di blok Gorolong Desa Sindangpala, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Jumat (15/07).

Darjo mengungkapkan fenomena binatang liar “turun gunung” dari lereng Gunung Ciremai ini terjadi sejak pertengahan bulan puasa kemarin hingga sekarang.

“Lutung-lutung atau monyet ini dari anak Gunung Ciremai seperti Gunung Puntang, Gegerhalang dan Bukit Binuang Ngimpi Ngampa, bukan satu dua tapi puluhan, kalau perempuan sendirian di ladang pada lari ke Kampung karena diserang oleh binatang-binatang itu, tidak hanya tanaman yang rusak,” ungkapnya.

Hal serupa dialami Ade Djiji (49) petani lainnya warga Blok Citando, Desa Girimulya yang mengeluhkan tanaman cabainya, jagung dan kol diserang binatang liar dari kaki Gunung Ciremai seperti monyet dan babi hutan.

“Selain rugi tanaman rusak, terkadang hewan-hewan liar itu juga menyerang manusia, khawatir masuk ke Kampung dan menyerang anak-anak,” tukasnya. (Abduh)

2079 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*