Lapas Kelas B Majalengka Over Kapasitas

Ilustrasi

Majalengkatrust.com – Kepala Lapas Kelas B Majalengka, Mulyadi mengatakan tingkat hunian di Lapas Kelas B Majalengka, yang kini mencapai 350 orang menyebabkan over kapasitas, karena tidak sebanding dengan kapasitas kamar yang tersedia, yakni sebanyak 16 kamar.

“Kapasitas ruangan lapas di Kelas B Majalengka idealnya hanya dihuni oleh sebanyak 300 orang saja. Namun kini akibat jumlah narapidana cukup banyak, akhirnya satu kamar terpaksa diisi oleh 30 sampai 40 orang,” kata Mulyadi seusai membuka kunjungan lapas sehari penuh, bagi seluruh warga binaan di seluruh Lapas di Indonesia, Rabu (12/10).

Menurut dia, over kapasitas ini terjadi di semua Lapas di Indonesia, kalau sebelumnya Lapas yang mengalami over kapasitas bisa dipindah ke lapas lain termasuk Majalengka , yang biasa menerima pindahan napi, sekarang semua lapas penuh termasuk Majalengka sendiri yang mengalami beban over kapasitas.

Dikatakan dia, Lapas butuh tempat yang lebih luas dan lebih strategis untuk bisa menampung seluruh penghuni lapas yang jumlahnya selalu tinggi. Bila tempat luas, fasilitas untuk warga binaanpun akan lebih baik. Tidak seperti saat ini ruangan terbatas harus diisi puluhan orang.

“Pemerintah saat ini belum bisa membangun Lapas yang lebih ideal, karena keterbatasan anggaran,” ungkapnya.

Sementara itu menyambut Bulan Bakti Dharma Karya Dhika ke-52, yang akan jatuh pada 30 Oktober mendatang, Lapas Kelas B Majalengka membuka kunjungan sehari penuh bagi keluarga warga binaan sejak pagi hingga sore hari. Padahal biasanya kunjungan hanya dilakukan pada hari kerja dengan batas waktu kunjungan 15 menit saja. (Abduh)

1278 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*