Mahasiswa KKNM Ajak Masyarakat Kembangkan BUMDesa

Majalengkatrust.com – Para Mahasiswa yang sedang Melaksanakan Kewajiban Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding menekankan pentingnya peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarkat.

Dengan Mengambil Tema “Mewujudkan BUMDesa Eka Cita Sejahtera yang berdaya saing” Pemerintahan Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Pengurus BUMDesa Eka Cita Sejahtera, Karang Taruna, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Tani, RT dan RW serta masyarakat diberikan pelatihan.

Isi pelatihan, tentang pemahaman tentang Tata kelola Administrasi, Legal Drafting, Manajemen Organisasi BUMDesa dan Pengelolaannya, Pengembangan Website, serta Pengolahan Sampah organik jadi Bahan Inovatif yang layak untuk digunakan oleh Masyarakat.

Dalam kegiatan itu, mendatangkan Narasumber yang kompeten dibidangnya seperti, H. Dadang Sudirno Dekan Fakultas Ekonomi UNMA, Maman Rohman Tenaga Ahli Pemberdayaan Pendamping Desa Majalengka, Tri Ferga Prasetyo Dosen Fakultas Teknik UNMA dan Lainnya.

L. Suparto, S.E, M.Si Dosen Pembimbing didampingi Aef Saefudin Ketua Kelompok KNM Desa Mirat Mengatakan Selama kami disini kami akan bersama-sama masyarakat untuk belajar menggerakkan perekonomian masyarakat.

Khususnya dalam pengembangan BUMDesa sebagai Roda Perekonomian Masyarakat supaya tumbuh dan berdaya saing demi mensejahterakan masyarakat Desa Mirat.

“Tak hanya itu para pemudanya kami akan berdayakan semaksimal mungkin sehingga mereka bisa menjadi kompeten dalam membangun desa” ungkapnya.

Aris Prayuda, S.Pd Direktur BUMDesa Eka Cita Sejahtera Desa Mirat mengatakan apresiasinya terhadap para mahasiswa KNM Universitas Majalengka dalam membantu menguatkan peranan BUMDesa di desa sehingga kedepan bisa dijadikan sebagai Soko Guru Ekonomi di Masyarakat.

Lulusan FKIP Universitas Majalengka ini, menambahkan dirinya yakin ke depan pertumbuhan BUMDesa akan semakin pesat, jika masyarakat diberikan pemahaman yang mendetail.

Jadi, lanjutnya ketika usaha yang dijalankan tak hanya asal jalan namun, menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan menjadi Badan Usaha satu-satunya di desa yang mempunyai Produk hukum sesuai Amanat UU Desa Nomor 6 Tahun 2014.

Ia berharap dari kegiatan ini para mahasiswa tak hanya menjalin hubungan saat KNM namun, selalu terjalin komunikasi seterusnya sehingga bisa saling terjaga hubungan yang baik antara Masyarakat dengan Mahasiswa yang bertugas KNM didesa Mirat.

Pihak Fakultas Ekonomi Universitas Majalengka sudah menjanjikan pada Pemerintahan Desa Mirat dan Masyarakat bahwa setelah Akhir Kegiatan KNM akan dilakukan MoU (perjanjian kerjasama, red) antara UNMA dengan Desa Mirat sebagai Mitra dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat melalui BUMDesa di Desa Mirat. (Abduh)

996 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*