Mahasiswa KNM Tampilkan Seni Debus, Karinding dan Tari Topeng

MAJALENGKA (CT) – Upaya untuk mengajak mencintai budaya, mahasiswa Universitas Majalengka (Unma) dan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, yang sedang melaksanakan Kuliah Nyata Mahasiswa (KNM) di Desa Sindangpala, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, menggelar pestas seni tradisional Debus, Karinding dan Tari Topeng di Balai Desa Sindangpala, Minggu (23/08).

“Kami menggelar pentas seni tradisional ini, agar warga mencintai budaya negeri kita sendiri, di tengah maraknya arus budaya global yang sudah masuk ke desa-desa,” jelas Dwi salah seorang mahasiswa.

Kepala Desa Sindangpala, Deden Heriasandi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa KNM yang telah banyak membantu warganya dalam berbagai hal.

“Banyak hal positif yang dilaksanakan para mahasiswa selama KNM, semoga terus terjalin dan mencerahkan warga kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Mulya (29) salah seorang warga mengaku sangat terhibur dengan pentas seni tradisional yang ditampilkan para mahasiswa KNM dari Unma dan Unpad.

“Asyik sekali, sangat jarang bisa menonton Debus, Karinding dan Tari Topeng, anak-anak sekarang di desa saja tontonannya sudah sinetron, dan film-film barat, bahkan banyak yang belum pernah menonton debus, karinding dan tari topeng,” jelasnya. (Abduh)

2343 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*