Mahasiswa UNMA Gandeng PMI, Gelar Pemeriksaan Darah Gratis

MAJALENGKA (CT) – Saat musim kemarau yang panas seperti sekarang ini, daya tahan tubuh cenderung menurun. Ditambah lagi dengan berkurangnya sumber air bersih dan udara yang kering, akan membuat lingkungan menjadi semakin tidak sehat.

Oleh karena itu, utuk meminimalisir merambaknya penyakit di musim kemarau, Mahasiswa Universitas Majalengka (UNMA) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Majalengka, melakukan kegiatan sosial yaitu pemeriksaan darah secara gratis. Terhadap para siswa Sekolah Dasar (SD) di Desa Trajaya, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Rabu (26/08).

Walapun rata-rata para siswa mengalami ketakutan, akan tetapi hampir 300 siswa terdiri dari SDN Trajaya 1, 2, dan 3 mengikuti pengecekan darah. Seperti yang di ungkapkan Rahmat S.Kep, salah satu petugas dari PMI menjelaskan bahwa, manfaat pengecekan darah, ialah untuk mengetahui jumlah sel darah dalam tubuh dan gejala infeksi serta pembekuan darah akan diketahui.

“Banyak orang takut saat melakukan tes darah. dan tidak sedikit orang yang menghindarinya dengan berbagai alasan.akan tetapi menghindari tes darah bukan hal yang bijaksana untuk dilakukan. Karena dari tes darah kita bisa mengetahui kesehatan kita.”ungkapnya.

Sementara itu Sonny Pratama Wijaya Mahasiswa Fakultas Hukum UNMA yang juga bertugas sebagai Ketua Pelaksana menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, ialah utuk mengatisipasi adanya penyebaran penyakit, dikalangan anak-anak saat musim kemarau.

“Daya tahan tubuh anak-anak seringkali mudah terkena penyakit. Apa lagi musim kemarau ini, penyakit seperti Flu, demam, batuk dan gangguan pernapasan mudah menimpa anak-anak. Oleh karena itu kita melakukan pengecekan darah utuk meminimalisi adanya penyebaran penyakit di kalangan anak-anak,”jelasnya.

Kepala SDN 3 Trajaya Ahnadi MPd menuturkan, merasa sangat berterima kasih pada Mahasiswa dan PMI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan gratis disetiap sekolah SD dan dirinya merasa salut dengan apa yang dilakukan melakukan saat ini.

“Biasanya kalau sengaja melakukan pengecekan golongan darah harus membayar. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini saya sangat berterima kasih karena banyak manpaat yang bisa kami dan saya berharap mahasiswa dapat terus melakukan kegiatan dengan ide-ide yang kreatif dan inovatif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat”kataanya. (Abduh)

1329 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*