Majalengka Jadi Tuan Rumah Pameran Teknologi Tepat Guna se-Jawa Barat

Majalengkatrust.com – Kabupaten Majalengka terpilih, menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017. Pameran digealr, Rabu-Kamis, (23-25/08) di Lapangan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka.

Acara yang setiap tahun digelar oleh Dinas Pengembangan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat ini diikuti 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Kepala Dinas Pengembangan Masyarakat Provinsi Jawa Barat, Agus Hanafi mengatakan, teknologi tepat guna yang dihadirkan oleh setiap kota/kabupaten se-Jawa Barat akan dinilai dan juaranya akan menjadi wakil Jawa Barat diperlombaan TTG tingkat nasional tahun ini.

“Pemilihan tuan rumah TTG tidak ada kriteria khusus, tahun kemarin di Bandung, sebelumnya lagi di Karawang, sedangkan tahun depan kita akan diskusikan kembali karena menyangkut anggaran. Untuk penilaian TTG nanti diantaranya ada dari LIPI, OJK dan dinas terkait,” katanya.

Selain itu, Agus juga mengemukakan bahwa teknologi tepat guna merupakan suatu kebutuhan yang harus jadi kesadaran semua pihak. Karena tanpa teknologi sulit mendapatkan suatu peningkatan dan perbaikan.

“Dengan teknologi kita akan meraih kemudhan dan efektifitas. Kenapa TTG? Karena kita ingin menjawab permasalahan-permasalahan yang krusial secara kongkrit yang ada di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Agus mencontohkan bahwa Majalengka sering disebut Kota Angin, maka pemerintah atau masyarakat harus mampu mencari teknologi yang cocok untuk dikembangkan di Majalengka.

“Jangan kalah sama Belanda, sejak ratusan tahun yang lalu sudah menggunakan kincir angin untuk pembangkit listrik sederhana, produksi berbagai macam home industri, serta dimanfaatkan untuk mesin mengolah kacang dan keju,”ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten majalengka, Ahmad Sodikin berharap dengan adanya lokakarya dan rakornis TTG ini dapat menambah inovasi yang membawa dampak pada produktifitas masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya.

“Memperkenalkan berbagai jenis TTG dan produk visual kepada masyarakat, diahrapkan rakyat memperoleh informasi yang cukup untuk menetapkan pilihan teknologi yang di butuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Kab. Majalengka, Dedi Rahmadi menuturkan, dasar hukum penyelenggaran ini surat Presiden no 3 tahun 2001 tentang penerapan dan pengembangan TTG, Keputusan Kemendagri no 151 tahun 2014 tentang penyelenggaraan gelar TTG nasional, dan BPMPD Jabar no 413/168/PPD tentang persiapan gelar TTG tingkat Provinsi dan Nasional.

“Setelah lokakarya ada penilaian ke setiap stand kabupaten/kota, dan rencananya besok juara akan diumumkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat langsung,” pungkas dia. (Abduh)

1998 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*