Marak Konten Provokasi di Medsos, Relawan TIK Kampanyekan Internet Sehat

Majalengkatrust.com – Menanggapi maraknya konten yang berisi provokasi di media sosial, Ketua Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Kabupaten Majalengka H. Budi Victoryadi, melalui Ketua Bidang Prasarana RTIK, Herry Supriyadi, ST mengatakan internet sehat yang diusung oleh ICT Watch, adalah mengedepankan kebebasan berekspresi di Internet secara aman dan bijak.

“Penggunaan internet yang sehat dengan pendekatan self-filtering di level keluarga dan sekolah, peningkatan konten lokal yang positif, bermanfaat dan menarik, dan pemberdayaan masyarakat madani (civil society) tentang teknologi informasi dan komunikasi,” kata Herry kepada Majalengkatrust.com, Rabu (02/11).

Seharusnya media sosial, lanjut Herry, menjadi tempat untuk berekspresi, “sehingga alangkah baiknya bila internet sehat diterapkan, artinya media sosial itu bisa bebas dimanfaatkan asal bertanggung jawab dan bijak mengikuti tata aturan  perilaku sosial, budaya, dan negara,” tambah Herry.

Sementara itu, Kabid Kominfo Dishubkominfo Kab. Majalengka, Wawan Kurniawan mendorong pengguna internet agar bisa memanfaatkan internet secara cerdas, kreatif dan produktif.

Wawan menjelaskan, definisi internet cerdas adalah mampu memanfaatkan Internet secara baik, dalam arti tepat guna, aman sesuai etika, budaya dan norma yang berlaku.

“Serta kreatif, artinya mampu menciptakan karya baru yang berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah, dan produktif berarti mampu mendapatkan dan memberikan manfaat yang maksimal dari penggunaan teknologi dan internet, untuk diri sendiri dan orang lain,” tandasnya. (Abduh)

2001 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*