Marak Pencurian Ternak di Sindangwangi, Polisi Ajak Masyarakat Tingkatkan Siskamling

Majalengkatrust.com –  Kasus pencurian ternak di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka akhir-akhir ini kian marak. Untuk meminimalisir aksi tersebut, perlu ditingkatkan penjagaan Pos Kamling melalui kegiatan Sistem Pengamanan Lingkungan (Siskamling) di wilayah masyarakat masing masing.

“Aksi kejahatan sering terjadi pada malam hari, ketika masyarakat sedang beristirahat,” kata Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto melalui Kapolsek Sindangwangi, AKP Sutarjo, saat acara pertemuan rutin perhimpunan Kadus Se-Kecamatan Sindangwangi, di Balai Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi, Senin (30/01).

AKP Sutardjo menegaskan, pihak Kepolisian tidak bisa bekerja sendiri dalam menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). kunci utama agar Kamtibmas itu berhasil, ialah dengan cara bersama dan kerjasama.

“Kalau masyarakatnya kompak dan bersama dengan pihak keamanan dalam menciptakan Kamtibmas, mudah-mudahan lingkungan selalu dalam keadaan Kondusif,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Sindangwangi, Ono Haryono, yang juga tampak hadir pada acara tersebut, mengajak kepada masyarakat Kecamatan Sindangwangi, agar bagi desa dan dusun, yang sampai saat ini masih memiliki Pos Siskamling diminta dapat lebih diberdayakan oleh masyarakat dalam upaya menjaga keamanan setempat.

“Masyarakat harus berperan dalam Siskamling ini, guna tercapainya keamanan dan kenyamanan bersama. Mengenai keamanan tidak saja diserahkan kepada aparat Polisi, tapi itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Camat Ono.

Ono mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, karena tindak kriminalitas bisa kapan dan dimanapun terjadi. Setidaknya dengan diaktifkannya Pos Siskamling, dapat memperkecil ruang gerak dari pelaku tindak kejahatan di desa. (Abduh)

1512 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*