Masa Jabatan Terpotong Pilkades Serentak, 10 Kepala Desa Curhat ke DPRD

MAJALENGKA (CT) – Sebanyak 10 Kepala Desa yang terpotong masa jabatannya karena Pilkades serentak pada 13 Juni lalu mengadukan nasibnya ke Komisi A DPRD Majalengka, Senin (10/08).

“Akibat dilaksanakan Pilkades serentak, sebanyak 29 Kades terpotong masa jabatannya selama enam bulan,” kata Juhaeri Hendripranoto mantan Kades Cibunut Kecamatan Argapura saat audiensi dengan Komisi A.

Selain itu pihaknya menyayangkan Pilkades serentak tidak dilakukan sosialisasi dan pemahaman terlebih dahulu sehingga terjadi kegaduhan diantara para Kades 29 desa yang terpotong masa jabatannya.

“Selain itu kami mempertanyakan dana kompensasi yang tercantum di Perda dan Perbup mengenai mekanismenya bagi para Kades yang terpotong masa jabatannya,” ungkap Juhaeri.

Ketua Komisi A H Eddy Anas Djunaedi mengatakan kalau menurut Perbup ada kompensasi jadi harus ada penyelesaian sampai tuntas. “Hal ini harus ada penyelesaian kalau bisa hari ini juga, yang kebetulan Kabag Tapem dan Kabag Hukum hadir dan bisa menjelaskan serta menjawabnya,” ungkap mantan Asda ini.

Kabag Tapem Gatot Sulaeman mengatakan Pilkades serentak ini berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 dan pertamakali dilaksanakan di wilayah 3 Cirebon. Menurutnya kemudian terbit Perda nomor 5 tahun 2015 mengenai Pilkades serentak dan kemudian diatur lebih lanjut dengan Perbup nomor 5 tahun 2015 tentang pedoman pelaksanaan Pilkades.

“Ada 29 desa yang habis masa jabatan akhir 2015 jika tidak diikutkan dalam Pilkades serentak, maka akan terjadi kekosongan masa jabatan sampai 2017,” kata Gatot

Mantan Camat Ligung ini menjelaskan, Kades yang tidak habis masa satu periode akibat Pilkades serentak di Perbup diberi kompensasi uang sesuai gaji pokok atau penghasilan tetap Kades dikalikan jumlah bulan yang tersisa dan dibebankan ke APBD.

“Kaitan kompensasi ini, besarannya belum ditentukan karena masih berkoordinasi dengan instansi terkait karena terkait APBD namun kompensasi ini sudah menjadi kebijakan tinggal nilai kompensasinya saja,” jelasnya. (Abduh)

2484 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*