Memasuki Musim Hujan Pedagang Bibit Tanaman Banjir Pesanan

Majalengkatrust.com – Seiring dengan memasuki musim penghujan, para penangkar bibit buah-buahan di sejumlah sentra bibit di Kabupaten Majalengka, mulai menuai rejeki dengan kebanjiran pesananan bibit buah-buahan dari berbagai daerah.

Menurut keterangan sejumlah penangkar bibit, pada musim penghutan kali ini pesanan bibit kebanyakan adalah buah-buahan jenis durian dan aneka mangga, serta nangka besar juga pohon hias. Sedangkan untuk pohon kayu-kayuan prosentasenya relatif lebih sedikit.

Jajang (25) penangkar asal Desa Jayi, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka mengatakan, setiap minggunya dia mengirim masing-masing sekitar 2.000 pohon untuk ke wilayah Blitar, Kediri dan Tulungagung. Pengiriman bibit ini rata-rata mangga gedong gincu serta durian.

“Saya mengirim setiap minggu secara rutin, para pedagang bibit asal kabupaten kota tersebut mengambil sendiri ke tempat penangkaran, atau jika mereka berhalangan saya yang mengirim ke sana,” ungkap Jajang, Selasa (14/11).

Selain ke kabupaten kota di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah dia juga melakukan pengiriman bibit ke Kalimantan, hanya pengirimannya tidak secepat di wilayah Pulau Jawa sesuai pesanan yang diminta.

Hal yang sama juga disampaikan Nana, peningkatan pesanan bibi naik sekitar 80 persenana dibanding bulan sebelumnya yang hanya mampu menjual sebanyak 300 hingga 400 pohon saja setiap harinya.

Makanya menurut Nana sekarang ini banyak petani yang mulai berkebun lengkeng, atau banyak juga yang sengaja di tanam dipekarangan. Tahun ke dua atau ke tiga lengkeng sudah berbuah dan cukup lebar.

Suarno asal Kediri menyebutkan setiap dua kali dalam seminggu mengakut bibit buah-buahan dari Majalengka. Jumlah pembelian bibit minimal sebesar Rp 17.000.000 sekali angkut. Bibit dia jual di depotnya atau dijual kembali ke depot bibit lainnya. (Abduh)

654 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*