Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 71 Diisi Kegiatan Sunatan Massal

Majalengkatrust.com – Sebanyak 50 anak mengikuti khitanan secara masal di Desa Jatitujuh, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, kegiatan khitanan masal dilakukan dalam rangka peringatan HUT RI ke 71 yang digelar oleh Komunitas Bangbung Hideung bekerjasama dengan komunitas Komandan, Minggu, (28/08).

Menurut keterangan Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan hitanan masal, Bayu mereka yang dihitan tersebut berasal dari keluarga kurang mampu yang tersebar di Kecamatan Jatutujuh.

“Kegiatan yang kami lakukan ini adalah salah satu kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan HUT RI yang diselenggarakan Karang Taruna Bangbung Hideung. Kami melakukan bakti sosial disamping melakukan kegiatan hiburan untuk menghibur masyarakat,” ungkap Bayu.

Untuk kegiatan hitanan masal, lata dia persiapannya cukup lama kurang lebih setengah bulan, karena menyangkut pengumpulan anak yang akan dihitan.

Tidak semua orang tua yang memiliki anak balita bersedia menghitan anaknya secara masal, karena mereka rata-rata menghendaki hitanan anaknya dilakukan dengan pesta.

“Tapi bersyukur ternyata banyak keluarga yang mau menghitan anaknya dengan cara seperti ini, nampaknya mereka juga gembira. Kami sendiri sebetulnya ingin lebih banyak memberikan kepedulian bagi keluarga kurang mampu,“ ujar Bayu.

Pada saat dihitan banyak anak yang menangis tersedu ketakutan untuk dihitan, malah ada di antara orang tuanya yang jatuh pingsan karena tak tega melihat anaknya menangis saat dihitan.

Hingga akhirnya mereka yang sedianya mengantar malah disibukan harus memberikan penanganan terhadap orang yang mengalami pingsan.

Tokoh masyarakat Jatitujuh, M Ramdani mengatakan untuk menghitan 50 anak, panitia mendatangkan dokter biasa bertugas di RS Cideres dan RS Sumberwaras Ciwaringin.

“Ada 5 dokter yang kami montai bantuan untuk pelaksanaan kegiatan ini,” ujar M Ramdani.

Dia sendiri memberikan kadeudeuh kepada 50 anak berupa uang amsing-masing sebesar Rp 500.000. (Abduh)

2700 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*