Minta Hujan, Petani di Jatitujuh Ngariung dan Doa Bersama

MAJALENGKA (CT) – Akibat kekeringan berkepanjangan, ratusan petani di Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka menggelar ritual makan bersama di tengan jalan guna meminta hujan segera turun, Rabu (28/10).

Pantauan CT satu persatu warga yang berprofesi petani ini berdatangan sambil membawa makanan Nasi Tumpeng dan Panggang Ayam Bakar dan berkumpul di persimpangan jalan masuk desa. “Ritual adat hajat bumi ini digelar agar segera datang hujan, sehingga petani bisa mengawali musim tanam,” kata Kepala Desa Putridalem Toto Suharto.

Selain itu juga menurutnya warga yang merupakan petani berdoa agar mendapatkan hasil panen yang melimpah dan dijauhkan dari bencana alam dan gangguan hama. “Selama ini warga kesulitan air, jangankan untuk sawah, air bersih juga susah, ritual doa bersama ini digelar agar segera turun hujan,” ungkap Toto.

Hal senada dikatakan warga lainnya Nuraeni (45) mengatakan digelarnya doa bersama dan makan bersama di persimpangan jalan agar mendapat keberkahan panen di musim tanam nanti dan segera turun hujan.

“Dengan hujan turun dan air melimpah tentunya hasil panen akan lebih banyak,” ungkap Nuraeni. (Abduh)

1890 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*