Modus Ngaku Jadi Korban Begal, Pelaku Curas Asal Cirebon Ditangkap Polisi

Majalengkatrust.com – Sungguh unik dan nekat yang dilakukan warga Cirebon ini. ARS (32) mengaku menjadi korban aksi Pencurian dan Kekerasan (Curas), dengan kerugian sepeda motor dan uang tunai mencapai Rp 16 juta, dan melapor ke Polsek Ligung Polres Majalengka.

Namun setelah diselidiki, akhirnya kebohongan ARS terbongkar. Nyatanya, ARS bukanlah korban, melainkan pelaku pembegalan.

Menurut keterangan Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto, melalui Kapolsek Ligung AKP Toto, laporan yang ARS sampaikan terkait dengan tindak pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Jalan Raya Jatiwangi-Ligung, tepatnya depan Mako Lanud S Sukani diduga palsu dan penuh kejanggalan.

Dirinya menambahkan, dari penelusuran pihak Kepolisian Polsek Ligung terhadap pelapor bernama ARS, pihak Kepolisian mencurigai ada keterangan yang meragukan. Sehingga, akhirnya pihak kepolisian langsung menangkap ARS.

Pasca-penangkapan tersebut, pihak kepolisian pun berhasil mengamankan Satu unit sepeda motor Honda Vario Nopol E 2623 CC, berikut STNK dan Kunci Kontak serta Satu buah helm warna hitam, dan Satu buah pisau.

AKP Toto mengungkapkan kronologisnya. Kejadian tersebut bermula, dalam laporan yang disampaikan pada Senin (23/09) lalu, sekitar pukul 23.00 WIB, ARS mengaku menjadi korban pencurian dengan kekerasan di Jalan Raya Jatiwangi-Ligung, tepatnya depan Mako Lanud S Sukani yang disebutkan dilakukan oleh orang tak dikenal.

Saat itu, ARS mengaku hendak akan menolong korban seorang perempuan yang terjatuh dari motor. Pada saat menolong korban, ARS mengaku, sepeda motor miliknya malah diambil oleh orang tak dikenal, berikut uang sekitar Rp 16 juta yang disimpan di bawah Jok sepeda motornya.
Aparat Kepolisian ternyata tidak begitu saja percaya dan mencoba menelusuri, sehingga menemukan kejanggalan dari laporan tersebut.

Setelah ditelusuri, lanjut dia, akhirnya identitas korban pembegalan yang sebenarnya berhasil ditemukan polisi, yang diketahui bernama Yani. Selanjutnya korban langsung menerangkan bahwa pihaknya sewaktu mengendarai Sepeda motor seorang diri, melaju dari arah Jatiwangi menuju Ligung, di TKP tiba tiba dipepet oleh sepeda motor yang datang dari arah yang sama. Salah seorang dari pelaku tersebut menendang motor korban hingga dirinya terjatuh.

Kemudian seorang pelaku turun dan akan mengambil motor korban. Namun kunci kontak sudah terlebih dahulu dicabut oleh korban pada saat jatuh.‬

‪“Korban menjelaskan kepada kami, bahwa Pelaku pada waktu akan mengambil sepeda motor korban memakai jaket hitam ada tulisan My Trip dan menggunakan Helm. Dengan adanya beberapa keterangan dari Pelaku yang mengaku korban, dan korban yang sebenarnya adalah seorang perempuan, serta ditambah keterangan saksi-saksi, kami pun langsung membekuk pelaku ARS, yang semula mengaku korban tersebut,” jelasnya, Selasa (27/09).‬

‪Akibat terbongkarnya tindak penipuan dengan modus sebagai korban pencurian dengan kekerasan tersebut, ARS, warga Blok 2 RT 009 RW 002 Desa Karangsambung, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, langsung dijebloskan ke penjara oleh pihak berwajib.‬

‪“Kita sudah selidiki dan tangkap pelakunya, berikut barang bukti yang digunakan pelaku,” ungkap Kapolsek Ligung, AKP Toto. (Abduh)

4008 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*