Panti Yauma Salurkan Santunan Bagi 400 Anak Yatim Hafidz Quran

MAJALENGKA (CT) – Yayasan Umat Mandiri (Panti Yauma) Majalengka menggelar acara halal bilhalal, sekaligus pemberian santunan bagi 400 anak asuh Panti Yauma  yang dilaksanakan di halaman kantor Panti Yauma, Jalan KH Abdul Halim no.39, Majalengka, Minggu (02/08).

Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan donator yang juga pengusaha bola, H Irwan Suryanto bersama putranya, H  Jefri Romdhoni.

Ketua Yayasan Panti Yauma, Eja Suteja SE mengatakan secara legalitas formal Panti Yauma berdiri sejak tahun 2011 lalu. Eja bersyukur, tingkat kepercayaan dari masyarakat terutama para donator terhadap Panti Yauma kini semakin meningkat.

Masih dalam suasana Idul Fitri 1436 hijriah, pihaknya menggelar acara halal bihalal sekaligus pemberian santunan kepada 400 anak asuh Panti Yauma.Pada kegiatan Ramadan lalu, panti telah membuat target hafidz quran bagi anak asuh juz 30 dan 28.

Dibeberkan saat ini jumlah anak asuh yang tinggal di Asrama Majalengka, berjumlah 33 anak di asrama Bekasi ada 6 anak, di asrama Cirebon 11 anak. Diakui Eja saat ini telah dimiliki 5 unit asrama Panti Yauma.

Pada kesempatan pemberian santunan berjumlah 400 anak asuh, sejumlah anak asuh non mukim yang langsung diundang mencapai 150 anak, sedangkan anak asuh yang tinggalnya jauh seperti di Cikijing, santunan diberikan langsung oleh pengurus panti.

Disebutkan Eja, pengurus telah menyebarkan 750 proposal kepada para dermawan pada Ramadhan lalu dan terkumpul dana mencapai Rp. 120 juta. Karena itu, pegurus panti memberikan dana tunai sebesar Rp. 100 ribu plus sembako senilai Rp. 60 ribu bagi anak asuh panti.

“Meningkatnya pendapatan panti yauma mencerminkan meningkatnya kepercayaan masyarakat yang signifikan,” ujar Eja, Minggu (02/08).

Ditambahkan Eja, target tahun ini, Panti Yauma akan buka minimal 2 asrama dan akan dilakukan perpanjang sejumlah 3 asrama.

Lebih lanjut, guna meningkatkan kemampuan pengurus yayasan yang berjumlah 17 orang ini, mereka mengikuti diklat dan pembinaan rohani bagi suami istri agsr selaras dalam mengelola yayasan ini.

”Mudah- mudahan asrama yang ada di Jatisampay Kelurahan Majalengka Wetan bisa dimiliki, karena pemiliknya rencana mau menjualnya,” harap pria asal Bongas Sumberjaya ini seraya mengakui kalau Bupati H Sutrisno SE MSi dan istrinya menjadi donatur untuk Panti Yauma ini.

Sementara itu, Perwakilan donator yang juga pengusaha bola asal Desa Liangjulang Kecamatan Kadipaten, H Irwan Suryanto menyatakan terharu dan bangga dengan keberadaan Panti Yauma ini. Menurutnya, adalah kewajiban umat islam untuk memberikan sebagian rizki kepada anak yatim dan orang miskin, karena diantara harta kita, sesungguhnya ada hak untuk anak yatim dan orag miskin.

Menurut Ketua Apindo Kabupaten Majalengka ini, pemeluk agama Islam terbesar di Indonesia, tapi jurang pemisah antara yang kaya dan orang miskin di Indonesia sangat jauh.

Menurutnya, kemiskinan akan bisa diatasi dan berkurang jika zakat kewajiban zakat sebesar 2,5 persen dapat ditunaikan oleh orang Islam yang berada.Dia bertekad untuk terus membantu Panti Yauma dan berharap yayasan ini lebih maju karena telah membantu dan memperhatikan anak- anak yang merupakan calon pemimpin bangsa di masa mendatang.

Dalam kesempatan itu, pengusaha bola ini memberikan motivasi kepada anak- anak panti agar memiliki rasa percaya diri dan ma uterus belajar, berdoa dan berusaha. H Irwan menceritakan sebelum dirinya sukses sebagai pengusaha bola, ia pernah menjadi seorang kuli di Jakarta, menjadi kernet mobil angkutan umum dan  sopir.

“Saat saya menikah dulu saya sedang pengangguran dan baru setelah istri hamil 6 bulan, saya bekerja sebagai kuli dorong lori di Jakarta hingga menjadi kenek dan sopir mobil, tapi saat itu tak berputus asa dan terus berjuang hingga menjadi pengusaha bola,” kenang Irwan memberi semangat pengurus dan anak panti Yauma. “Yang pasti Allah tidak akan merubah nasib kita, kalau kita tidak mau merubahnya, berdoa dan berusaha itu kuncinya,” pungkasnya. (Abduh)

2199 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*