Pawai Obor dan Takbir Keliling Meriahkan Malam Takbiran di Majalengka

MAJALENGKA (CT) – Pengumuman Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dalam sidang isbat bahwa 1 Syawal 1436 H jatuh pada Jumat (17/07) besok langsung disambut gembira puluhan santri PTA (pengajian tradisional anak) Al-Manshurin Desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kab. Majalengka dengan melakukan Takbiran dan pawai obor keliling kampung, Kamis (16/07) malam.

acara tersebut diikuti puluhan santriwan dan santriwati yang berasal dari tiap-tiap blok sekitar desa setempat, seluruh santri terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Salah satu pengasuh PTA Al Manshurin Ustadzah Suenti ,S.Pd I menuturkan bahwa kegiatan menyambut peringatan hari besar islam (PHBI) seperti Idul Fitri merupakan agenda rutin yang biasa dilaksanakan PTA Al Manshurin.

“Kegiatan peringatan hari besar islam seperti menyambut hari raya idul fitri 1436 H ini sudah rutin kami laksanakan, adapun tujuannya untuk dapat menerapkan sekaligus mengaplikasikan rasa keimanan setelah kita sebulan penuh menjalankan ibadah puasa dan kini saatnya kita meraih kemenangan di hari yang fitri.”tuturnya.

Ia menambahkan selain takbiran dan pawai obor PTA Al Manshurin juga terlebih dahulu melaksanakan buka puasa bersama di penghujung ramadhan sekaligus santunan santri yatim, adapun anggarannya bersumber dari shodakoh santri mandiri tidak meminta belas kasihan kepada siapapun.

Menurutnya sejak diresmikan PTA Al Manshurin oleh Wakil Bupati Majalengka Dr.H.Karna Sobahi pada tahun 2010 keberadaan PTA tersebut semakin berkembang pesat saat ini santrinya mencapai 150 santri. Sementara itu kaur kesra Desa Cidenok Ramli Kurnadi sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan syiar islam untuk generasi penerus khususnya anak-anak diwilaya desa Cidenok.

“Kondisi zaman semakin hari semakin rusak, akhlak generasi islam semakin terkontaminasi oleh pergaulan dunia maya dan sebagainya, untuk itu dipandang perlu untuk mendukung kegiatan seperti yang dilaksanakan PTA Al-Manshurin ini, mudah-mudahan generasi muda Islam kita dapat membentengi diri dengan kepahaman agama serta keimanan yang kuat untuk menghadapi tantangan hidup di zaman akhir yang serba modern saat ini,” harapnya. (Abduh)

2745 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*