Peduli Kesehatan Lingkungan, Warga Bangun MCK Darurat di Lokasi Jambore Pramuka

MAJALENGKA (CT) – Pendirian Toilet sebagai tempat MCK darurat sangat membantu kegiatan Jambore Pramuka ranting Kwaran Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, di Bumi Perkemahan (Buper) Jatilawang Desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya.

Pelaksanaan jambore ranting (Jamran) tahun 2015 ini cukup menyulitkan peserta perkemahan tersebut karena di saat musim kemarau dimana wilayah tersebut sedang dalam krisis air bersih. Pantauan CT disaat Jamran Kwaran Sumberjaya berlangsung terlihat sebuàh toilet dan MCK darurat di bangun warga desa Cidenok secara swadaya.

Adapun konstruksi toilet dan mck tersebut dinding terbuat dari lembaran terpal tiang terbuat dari bambu lantai beralasakan jerami dan dinding penampungan air terbuat dari plastik. Menurut salah satu warga saat di konfirmasi Toyib (36) mengatakan bahwa sejak tahun 2005 lahan TPU Jatilawang desa Cidenok dimanfaatkan sebagai Bumi Perkemahan.

“Sejak tahun 2005 sampai sekarang setiap kegiatan perkemahan berlangsung selalu yang menjadi kendala yakni pengaadaan air bersih dan toilet dan MCK menjadi salah satu penghambat kegiatan perkemahan tersebut, karena Kwaran Sumberjaya dan Pemerintah desa terkesan tutup mata terbukti sampai saat ini Buper Jatilawang tidak memiliki toilet dan MCK yang memadai,”katanya, Jumat (14/08).

Warga lainnya Sarita (50) membenarkan setiap perkemahan di Buper Jatilawang, warga blok Senin yang rumahnya tepat berdekatan dengan Buper tersebut sangat mengeluhkan Kwaran Sumberjaya yang tidak memperhatikan lingkungan, akhirnya setiap perkemahan warga berswadaya membangun toilet dan MCK darurat karena Kwaran Sumberjaya tidak menyediakan.

“Kami mendirikan toilet dan mck darurat dengan tujuan membantu dan mengurangi pencemaran lingkungan karena limbah dan kotoran manusia. Kalau tidak dibangun pasti kotoran manusia tersebut bercecer dimana-mana,” ujarnya.

Ia berharap kepada Kwaran Sumberjaya maupun pemerintah desa untuk dapat membantu pengadaan toilet dan MCK di Buper Jatilawang. Petugas Puskesmas Sumberjaya Beno mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi atas prakarsa swadaya masyarakat desa Cidenok yang telah membantu kegiatan Jamran salah satunya dengan mendirikan toilet dan MCK meskipun dengan keadaan darurat keberadaan MCK dan toilet tersebut sangat membantu peserta Jamran setiap tahunnya.

Walaupun toilet dan MCK darurat namun tidak mengurangi sedikitpun đengan kesehatan peserta Jamran. Untuk derajat sanitasinya mencapi 80 sampai 90% dan 100% tidak mencemari lingkungan . Sumber airnya sangat representatip untuk di konsumsi dan keperluan mandi dan cuci,” kata Beno.

Pihaknya berharap kedepanya di Buper Jatilawang di bangun toilet dan MCK portable dan permanen. “Kreasi warga dan swadaya masarakat desa Cidenok membantu dalam bidang kesehatan agar dapat ditiru warga masyarakat lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu Nurdianto salah satu pengurus Kwaran Sumberjaya mengatakan pihaknya sangat berterima kasih pada warga yang telah membantu kegiatan Jamran setiap tahunnya. “Untuk kedepannya kita akan musyawarahkan di Kwaran agar dapat dibangun toilet dan MCK di Buper Jatilawang,” ungkapnya. (Abduh)

3384 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*