Pekerja Anak dan Perempuan Harus Mendapat Perlindungan

Majalengkatrust.com – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Majalengka menggelar sosialisasi perlindungan pekerja anak dan perempuan di Gedung KNPI Majalengka, Selasa (22/11).

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Majalengka Ahmad Suswanto mengatakan bahwa semua anak, termasuk anak yang terpaksa bekerja memiliki hak, mulai hak kesehatan, hingga hak mendapatkan pendidikan.

“Anak-anak dan pemuda merupakan generasi penerus bangsa, karena itu, perlu diberikan bekal pendidikan. Jika terpaksa bekerja sebisa mungkin harus tetap sekolah memalui pendidikan non formal,” kata Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan bahwa anak juga harus mendapat perlindungan dari berbagai macam tindak kekerasan mulai dari kekerasan psikis, seksual dan fisik terutama di tempat kerja.

“Anak-anak merupakan yang rentan dari tindak kekerasan. Jika bekerja dengan paksaaan dan tanpa memperhatikan hak-hak anak, bisa terjadi kekerasan pada anak yang terpaksa bekerja,” tukasnya.

Kasi Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Sangap Sianturi mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk mengakhiri kekerasan pada perempuan dan anak, menghentikan perdagangan manusia dan mengakhiri ketidakadilan akses sumberdaya ekonomi bagi perempuan.

Menurut dia, kekerasan terhadap perempuan dan anak harus segera dihentikan. Mengingat trendnya yang semakin meningkat. Di tahun 2015 misalnya, data yang dimiliki Komnas Perempuan menyebutkan telah terjadi 293.200 kekerasan terhadap perempuan.

“Untuk meminimalkan dan menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak serta trafficking diperlukan kerjasama seluruh pihak,” tukasnya.

Menurutnya perlindungan pekerja ini menyasar seluruh perempuan  dan anak, tidak terkecuali para tenaga kerja wanita (TKW).

Dikatakan dia, khusus TKW,  peningkatan kualitas melalui pelatihan sebelum berangkat ke luar negeri serta pemberdayaan selepas bekerja dari luar negeri dan pelatihan dan pendampingan bagi TKW sangat diperlukan mengingat Majalengka sebagai salah satu pengirim tenaga kerja ke luar negeri. (Abduh)

1278 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*