Pemdes Nunuk Baru Kembangkan Kain Tenun Gadod yang Diambang Kepunahan

Majalengkatrust.com – Seni budaya dan adat istiadat serta kerajinan warisan leluhur di era modern ini terancam punah. Sebagaimana yang terjadi pada satu kerajina tangan kain tenun Gadod khas Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.
berita-majalengka-pemdes-nunuk-baru-kembangkan-kain-tenun-gadod-yang-diambang-kepunahan2
Pebuatan yang masih menggunakan alat tenun tradisional, produski kain tenun Gadod terancam punah, karena tidak ada generasi muda yang meneruskan tradisi menenun kain yang memiliki ciri khas tersebut.

“Kini hanya tinggal tiga orang penenun kain Gadod, itupun rata-rata usia lanjut tidak ada generasi muda yang meneruskan,” kata Sekretaris Desa Nunuk Baru, Yanto Nuba kepada Majalengkatrust.com, Jumat (16/09).

Ketiga pembuat kain tenun Gadod tersebut, lanjut dia yaitu, Ma Isoh (70), Suinah (78) alias Oyot Dimong dan, Ma Kasti (73) ketiganya warga RT 05 RW 03 blok Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.

“Kain tenun ini dikirim ke daerah Sumedang dan dibuat berdasarkan pesanan saja, juga dipergunakan untuk kain kafan, sehingga warga di sini tidak perlu membeli kain kafan apabila ada orang meninggal, bahan baku lain itu dari bahan alami pohon kapan yang ditanam di kebun warga,” ungkap Yanto.

Yanto mengungkapkan Pemdes Nunuk Baru dari Dana Desa berupaya melestarikan kain tenun gadod dengan pemberdayaan ekonomi memberi bantuan modal, mesin jahit dan pelatihan termasuk pemasaran dan promosi.
berita-majalengka-pemdes-nunuk-baru-kembangkan-kain-tenun-gadod-yang-diambang-kepunahan1
“Termasuk melatih generasi muda, banyak yang tertarik dengan kain tenun gadod ini, bahkan sudah datang dari turis dari Belanda yang berminat dan membeli,”ungkap Yanto.

Sementara itu Ma Isoh pembuat kain tenun gadod mengaku menjual kain tenun buatan tangannya seharga Rp. 100 ribu per lembar ukuran selendang.

“Emak mah tidak bisa kalau pakai mesin jahit, bisanya pakai alat tenun dengan tangan saja,”ungkapnya polos.

Dengan bahasa Sunda, ia menuturkan harapannya kepada CT agar ada yang mau meneruskannya sebagai pembuat kain tenun gadod agar tidak punah. (Abduh)

2382 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*