Pemkab Majalengka Desak Pemprov Perbaki Jalan Terkena Imbas Bandara

MAJALENGKA (CT) – Pemerintah Kabupaten Majalengka, meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk ikut terlibat dan bertangungjawab terhadap pembangunan ruas jalan kabupaten yang terpotong oleh Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati.

Bupati Majalengka, H. Sutrisno, ruas jalan Kabupaten yang terpotong oleh BIJB antara lain adalah ruas jalan antara Bantarjati-Sukajaya sepanjang 12.200 m dengan lebar jalan 3,50 m, sedangkan yang terpotong oleh pembangunan bandara mencapai 6.000 meter.

Selain itu ruas jalan Biyawak-Sukamulya sepanjang 9.600 m dengan lebar 3,5 m, yang terpotong oleh bandara sepanjang 5.000 meteran serta ruas jalan Kertajati-Kertasari sepanjang 6.500m dengan lebar 3,50 m, yang terpotong oleh bandara sepanjang 4.000 meter.

Selama ini meski landasan pacu BIJB telah dibangun, warga terpaksa masih melintasi kawasan BIJB, karena tidak ada jalur alternatif yang bisa dilintasi, kalaupun ada harus memutar arah yang jarak tempuhnya lebih jauh hingga beberapa kilo meter.

“Makanya jalan yang terputus ini harus segera dibangun apalagi kedepan bila bandara sudah beroperasi akses jalan warga benar-benar tertutup,” kata Bupati Sutrisno kepada wartawan di Pendopo, Selasa (01/12).

Sutrisno mengatakan, pihaknya telah merancang pembangunan peningkatan jalan dan jembatan pendukung bandara yaitu antara Citamiang-Cilentik sepanjang kurang lebih 3.050 m, jalan pertigaan ke arah Buahdua, Sumedang sepanjang 900 m dengan rencana biaya mencapai Rp. 22 milyar.

Kemudian lanjut dia, ruas jalan Biyawak-Sukamulya sepanjang kurang lebih 4.600 m dan kini telahd ilakukan penanganan dengan pelebaran sepanjang 3.000 m dan sisa yang masih harus ditangani sepanjang kurang lebih 1.600 m dengan rencana anggaran sebesar Rp 7,5 milyaran.

Serta ruas jalan Beusi-Beber sepanjang 5.100 m dengan rencana biaya sebesar Rp 42 milyaran, dan ruas jalan Beber-Panongan sepanjang 1.800 m sengan rencana biaya penanganan sebesar Rp 2,3 milyar. (Abduh)

1539 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*