Pemprov Jabar Percepat Pelebaran Jalan Akse ke BIJB Kertajati

MAJALENGKA (CT) – Pemerintah provinsi Jawa Barat pada tahun 2015 ini, melalui Dinas Bina Marga akan mempercepat pekerjaan pelebaran proyek jalan akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Kabupaten Majalengka, yang kini tahap proses pembangunan.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jabar M. Guntoro mengatakan, tahun ini pihaknya akan melebarkan jalan dari semula 6 meter menjadi 9 meter, sebagai bentuk melakukan peningkatan kualitas jalan. Hal ini untuk jalan provinsi ruas Kadipaten-Majalengka/Indramayu-Jatibarang.

“Tahun ini kita lakukan peningkatan jalan mendukung BIJB. Jalan diperlebar dari 6 menjadi 9 meter,” ujarnya saat sidak ke lokasi, Selasa (25/08).

Dia menjelaskan, untuk ruas jalan Kadipaten-Majalengka-Indramayu ‎​ada sepanjang 7 kilometer yang akan diperlebar. Demikian halnya pada ruas Majalengka-Indramayu-Jatibarang yang jalannya diperbaiki, sama panjangnya.

“Untuk itu, kami juga sedang melakukan proses pembebasan lahan jalan,” tambahnya.

Pembebasan lahan jalan yaitu lahan untuk pelebaran jalan ruas Kadipaten-Jatibarang serta untuk pembangunan jalan akses tol dan non tol ke BIJB.

“Ini semua sedang kita garap. Jadi diharapkan nantinya lebar ruas Jalan Kadipaten sampai Jatibarang yaitu 9 meter dan akses non tol dan tol yaitu 6/2 D,” tukasnya.

Sementara menurut salah seorang warga Desa Bantarjati, Suharya mengatakan dirinya dan warga lain belum mendapat informasi tentang pembebasan lahan untuk pelebaran jalan yang akan memanfaatkan tanah warga.

“Saya baru tahu dari mas kalau akan diperlebar menjadi total 9 meter, sementara kan hanya mengambil satu meter, jadi belum ada tanah milik warga yang dibebaskan atau digusur untuk pelebaran jalan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kalaupun nanti tanah dan bangunan warga terkena penggusuran, dirinya dan warga akan menuntut uang ganti rugi yang sesuai dengan harga tanah yang sekarang berlaku di wilayahnya. (Abduh)

3387 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*