Pendidikan untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Harus Sesuai

MAJALENGKA (CT) – Anak berkebutuhan khusus harus dididik untuk mandiri, sudah barang tentu kurikulum pendidikan untuk mereka sesuai dengan yang dipelajarinya, sehingga memiliki dampak manfaat baginya di masyarakat.

Pendidikan keilmuan, keterampilan untuk bekal kelak hidup di masyarakat, mutlak diberikan kepada para siswa jika tidak, maka mereka akan terus bergantung pada pihak lain.

Hal tersebut, disampaikan Saksubdit Pembelajaran Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Endang Rahman Munandar saat membuka acara pelatikan ketrampilan Tata Rias Kecantikan Rambut yang diikuti oleh 20 siswa Sekolan Menengah Luar Biasa Tuna Runggu yang berasal dari 7 Sekilah Luar Biasa dari tiga Kabupaten masing-masing Majalengka, Kuningan dan Indramayu, di SLB YPLB Majalengka, Jalan Siti Armilah, Minggu (20/09).

“Promosi anak berkebutuhan khusus baik menyangkut akademis maupun non akademis harus dilakukan, karena bila kemampuannya dibiarkan tidak dipromosikan maka akan kurang bermakna karena kemampuannya tidak terekplorasi,” kata Endang.

Endang berpesan kepada semua sekolah dan guru agar kurikulum yang diberikan kepada semua siswa ini bisa memenuhi kebutuhan mereka, kebutuhan untuk menghidupi didri sendiri atau bahkan kebutuhan hidup untuk orang lain. Makanya pelatihan ketrerampilan dan keilmuan harus benar-benar dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

“Para siswa bisa dilatih otomotif, salon, tata boga, pertanian atau perikanan dan lain sebagainya agar mereka bisa menghidupkan perekonomian. Ekonomi mikro semacam ini akan terpengaruh oleh oleh dolar,” ujar Endang.

Kepala Sekolah SLB YPLB Majalengka Sri Aminah mengatakan pelatihan hidup kecantikan rambut tersebut diikuti oleh 20 siswa dan 4 orang alumni, didampingi 20 orang gurunya, pelatihan berlangsung  selama 14 hari. Pelatihan bekerja sama dengan sebuah salon di Majalengka.

Usai pelatihan mereka akan dibekali peralatan untuk memotong rambut serta sertifikat, agar usai pelatihan mereka bisa langsung membuka salon potong rambut di lingkungan masyarakat. Selain itu mereka bisa mengembangkan keilmuannya kepada siswa lainnya di sekolah. (Abduh)

2562 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*