Penyidik Kejaksaan Nyatakan RDKK Proposal Dana CSR Fiktif, PT SHS tak Lakukan Verifikasi Proposal

MAJALENGKA (CT) –  Babak kedua sidang praperadilan kasus korupsi dana CSR PT SHS dengan pemohon tersangka AS dan termohon Kejaksaan Negeri Majalengka menghadirkan saksi dari pihak termohon yaitu jaksa penyelidik dan penyidik sekaligus Kasi Intel Kejari Noordien Kusumanegara.

Dalam kesaksiannya Noordien mengatakan di dalam proposal yang diajukan Gapoktan pimpinan tersangka AS ada rencana definitif kerja kelompok (RDKK) yang fiktif.

“Yang berinisiatif pembuatan proposal itu tersangka AS kemudian diajukan melalu H. Raskama Abdul Halima agen SHS Shop wilayah Jatitujuh,” ungkap Noordien dalam kesaksiannya di PN Majalengka, Senin (24/08).

Selanjutnya menurut Noordien proposal sudah masuk ke PT SHS, pihak PT SHS tidak melakukan verifikasi proposal tidak sesuai juklak juknis.

“Selanjutnya dana cair ke rekening joint account PT SHS dan Gapoktan dan ada aliran ke H. Raskama Abdul Halim untuk penyediaan pupuk namun H. Raskama tidak bisa menyediakan pupuk dan dana diminta lagi oleh tersangka AS,” papar Noordien.

Noordien menegaskan cara mendapatkan dana CSR itu melalui proposal fiktif dan aliran dana tidak sesuai.

“Ketua kelompok tani ada, kalau anggotanya sebagian fiktif,” ungkap Noordien.

Selain itu Noordien mengatakan penerimaan dana juga fiktif, di proposal Rp 300 juta namun nyatanya ada saksi yang hanya menerima Rp. 1 juta dari tersangka AS.

“Pemeriksaan tersangka belum dilakukan, namun penggeladahan dan penyitaan sudah dilakukan,” jelas Noordien menjawab pertanyaan Hakim.

Ketika Pengacara tersangka AS, Cepi Pamungkas menanyakan bukti bukti. Yang didapat waktu penyelidikan, Noordien menjawab ada 93 dokumen bukti-bukti.

“Penyelidikan diketuai Kasi Pidsus saya anggota, dan tidak ada BAP pemeriksaan saksi,” jelasnya.

“Saya yakin program GP3K itu dana CSR, dan ada kewajiban untuk mengembalikan di juklak-juknisnya,” pungkasnya. (Abduh)

2103 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*