Persiapan Arus Mudik, Jalan Nasional Cikijing-Kuningan yang Amblas Mulai Diperbaiki

MAJALENGKA (CT) – Menjelang arus mudik Lebaran tahun 2016 jalan nasional Cikijing-Kuningan-Cirebon yang longsor Februari 2016 lalu di blok Cipadung, Desa Sindangpanji, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka mulai diperbaiki.

“Jalur ini akan disongkit dibuat seperti jalan Cadas Pangeran Sumedang,” kata Tatang (42) mandor proyek perbaikan jalan, Senin (06/06).

Tatang mengatakan pekerjaan perbaikan jalan baru dimulai sekitar dua minggu lalu dengan target mengejar arus mudik Lebaran.

Sebelumnya PPK Pelaksana Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum wilayah Lohbener-Cirebon-Indramayu-Majalengka, Adi Permana Santosa mengatakan penanganan sementara atau temporary dan permanen Jalan Nasional Cikijing-Ciamis yang ditutup total akibat longsor segera diputuskan.

“Yang penting secepatnya bisa open traffic dan sudah dilaporkan ke Kementerian PU di pusat, sekarang tim survei teknis sedang meluncur dari Bandung, nanti yang akan menentukan penanggulangan temporary dan permanennya,” ungkap Adi Permana Santosa.

Adi Permana Santosa mengungkapkan status jalan Cikijing-Kuningan-Cirebon sejak tahun 2015 sudah naik kelas jadi jalan raya nasional, dari jalan raya provinsi.

“SK jadi jalan nasional sudah ada dan penyerahan SK-nya sudah diterima awal Februari kemarin,” ungkapnya.

Pantauan CT dengan ditutupnya jalan nasional Cikijing-Kuningan, sejumlah pengendara menggunakan jalan alternatif lewat Cipulus-Gunungsirah-Darma dan lewat Cipasung-Gardu-Panawangan, namun harus menyediakan uang recehan yang banyak karena jalannya sempit sehingga banyak “pak ogah” yang mengatur lalu-lintas.

“Lewat jalan alternatif habis sekitar 10 ribu-15 ribu uang receh,” ungkap Rahmat (35) warga Majalengka yang sering menggunakan mobil pribadi menuju ke Kuningan. (Abduh)

6759 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*