Perusahaan Wajib Melindungi Pekerja dengan Asuransi Kesehatan

Majalengkatrust.com – Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Majalengka, H. Ahmad Suswanto mengatakan sekitar 620 perusahaan yang ada di Majalengka, wajib melindungi pekerjanya dengan asuransi ketenagakerjaan dan asuransi kesehatan.

“Dari sisi perlindungan ketenagakerjaan, terutama hal kesehatan perusahaan wajib mendaftarkan para tenaga kerjanya dalam program BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, sebagaimana amanat Undang-undang Ketenagakerjaan,” kata Ahmad Suswanto, Kamis (29/09).

Menurut dia, prinsip dasarnya adalah selama ada hubungan kerja, ada perintah, ada pengupahan dan ada pekerjaan sudah menjadi wajib diikutkan dalam BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Dikatakan dia, tahun 2016 ini secara Nasional angka UMK Kabupaten Majalengka sebesar Rp 1.264.000,- mengalami kenaikan menjadi sebesar Rp. 1.450.000,- atau naik sekitar 11 persen. Besaran UMK Kabupaten Majalengka ini berada ke dua terbawah di atas Kabupaten Kuningan. Sedangkan untuk wilayah 3 Cirebon posisi UMK tertinggi diraih Kabupaten Indramayu, lalu Kota Cirebon selanjutnya Kabupaten Cirebon.

Sementara itu, Kasie Hubungan Industrial Dinsosnakertrans Aan Andaya mengatakan, dalam hal pengawasan ketenagakerjaan, mulai tahun 2017 dalam hal pengawasan akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sementara di tingkat Kabupaten Majalengka, dalam hal ini Dinsosnakertrans lebih dilakukan kepada aspek pembinaan terhadap pekerja dan pengusaha yang terlibat di dalamnya. (Abduh)

1053 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*