Pesantren Al-Mizan Jatiwangi Gelar Festival Wisata Religi 2017

Majalengkatrust.com – Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI kembali akan mengelar Festival Wisata Religi Tahun 2017.
Kegiatan tersebut dalam rangka Harlah Al-Mizan yang menginjak ke 17 itu akan digelar pada 12-13 Mei 2017.

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan, KH. Maman Imanulhaq, Festival Al-Mizan ingin menghadirkan spirit Islam Rahmatan Lil Alamin yang menebarkan cinta kasih dan perdamaian.

Melalui Festival ini juga, lanjut Kiai Maman, ingin mengingatkan keberagamaan kita hendaknya tidak melangit, tetapi harus membumi atau mengakar kuat berangkat dari realitas dan problem sosial yang dihadapi bangsa ini.

“dengan spirit rahmatan lil alamin, Islam harusnya tidak memicu permusuhan tapi memberikan rasa damai dan tentram. Di sisi lain, agama tidak semestinya berjarak dengan realitas sosial, agama harus mampu menjawab berbagai persoalan sosial yang muncul,” papar Kiai Maman.

Lebih jauh, dalam frame yang lebih luas, Kiai Maman menyebut jika Festival Al-Mizan itu sebagai salah satu ikhtiar menerobos ide-ide untuk mempertemukan sejumlah pemikiran yang emansipatif dan eskploratif dalam membumikan nilai-nilai keberagamaan dalam konteks kemanusiaan.

Adapun berbagai rangkaian kegiatan akan meramaikan acara Festival Wisata Religi Al-Mizan 2017 antara lain: Istighosah, Tausiah dan Muhasabah Kebangsaan, Dzikir Budaya dan Kebangsaan yang diisi dengan Wayang Sufi.

Juga digelar, Kidung & Tari Sufi & Ragam Seni Sufi Nusantara, Karnaval Wisata dan Budaya Religi yang dimeriahkan oleh Festival Dongdang dan Bedug Dulag, Parade Seni Budaya Lokal dan Konser Musik Sufi Tanah Liat.

Pada Festival tahun ini digelar pula Kemah Religi Santri Untuk Perdamaian, Pentas Seni Santri Nusantara & Festival Hadroh Kebangsaan, Seminar Religi dan Pariwisata, serta Pameran Pesona Wisata Religi, Kerajinan & Kuliner Lokal.

Tidak hanya itu, digelar juga aksi sosial berupa Donor Darah dan Pengobatan Gratis. (Abduh)

2325 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*