Petani di Jatitujuh Pilih Sewakan Lahan Sawah ke Penggarap Bawang

MAJALENGKA (CT) – Musim kemarau yang cukup panjang, membuat petani yang ada di dua Desa di Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, memilih menyewakan lahan pertanian mereka untuk ditanami bawang merah.

Petani bawang merah asal Brebes, Jawa Tengah yang sebagian di antaranya telah terbiasa setiap tahun bertani bawang tepatnya setiap selesai panen musim tanam kedua, berdatangan ke wilayah tersebut.

Menurut keterangan sejumlah pemilik lahan pertanian, di Desa Randegan harga besarnya sewa lahan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan tanah oleh para petani bawang yang akan menyewa lahan. Untuk tanah dengan kadar PH sebesar 4 hingga 5 sewa lahan berkisar antara Rp 7.000 hingga Rp 8.500/bata.

Sedangkan untuk kadar PH tanah sebesar 6 hingga 7 sewa lahan mencapai Rp 10.000 hingga Rp 14.000 per bata. Menurut mereka khususnya di Desa Jatitujuh dan Desa Randegan menyewakan lahan jauh lebih menguntungkan, dibanding harus menggarap lahan sendiri dan menanami padi ataupun jenis palawija lainnya.

“Dalam kurun waktu dua bulan setengah, menggarap sendiri risikonya lebih besar Menggarap lahan sendiri belum tentu mendapat untung hingga berjuta-juta. Untuk biaya garap, obat-obatan butuh modal besar sementara untungnya belum jelas karena risiko serangan hama sangat tinggi,” ungkap Dani salah seorang petani di Desa Randegan, Kecamatan Jatitujuh, Senin (31/08).

Hal senada juga disampaikan, Aep petani di Desa Jatitujuh, Kecamatan Jatitujuh yang menyewakan lahan seluas hampir dua bau kepada petani Brebes. Ongkos sewa lahan tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun 2014 lalu yang hanya Rp 2,5 juta/bau.

Menurut salah seorang petani asal Desa Jatitujuh, Wati mengaku biasanya diajak oleh penggarap lahan dari berebes untuk menanam dan memanen Bawang ketika lahan telah digarap.

“Mereka membutuhkan puluhan, bahkan ratusan orang tergantung luas lahan yang mereka kelola. Biasanya kita dibayar harian dari pagi sampai sore. Mereka juga menyediakan kendaraan jemputan, biasanya ada yang ditunjuk sebagai kepala kuli untuk mempersiapkan segalanya,” ujarnya. (Abduh)

1971 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*