Petani di Majalengka Kebanjiran Untung dengan Harga Gabah Naik

MAJALENGKA (CT) – Petani di Majalengka mendapatkan keuntungan, terkait harga gabah kering giling di sejumlah daerah di Kabupaten Majalengka kini telah mencapai Rp 560.000 hingga Rp 620.000 per kwintal, hampir setiap hari harga gabah di tingkat petani mengalami kenaikan.

Kenaikan harga gabah kering giling ini diduga dipicu oleh banyaknya areal sawah di sejumlah wilayah yang mengalami puso akibat kekeringan serta serangan berbagai hama yang sangat mengganas, sehingga mengakibatkan stok gabah di petani menipis.

Harga gabah yang mencapai Rp 600.000 hingga Rp 620.000 per kwintal ini di antaranya terjadi di Desa Garawangi dan Bongas, Kecamatan Sumberjaya.

Harga sebesar itu menurut keterangan beberapa petani seperti disampaikan, Jumi dan Hanip telah berlangsung sejak dua mingu yang lalu, karena awalnya harga gabah hanya mencapai Rp 570.000 hingga Rp 575.000 per kwintal.

“Areal sawah di wilayah kami sebagian besar mengalami kekeringan sehingga banyak petani yang mengalami gagal panen. Gabah di tingkat petani sendiri kini sedikit, itulah yang memicu kenaikan harga gabah ini. “ ungkap Jumi, Selasa (25/08).

Di wilayah Kecamatan Cigasong dan Majalengka harga gabah saat ini lebih rendah sebesar Rp 30.000 dibanding wilayah Sumberjaya, atau masih berkisar antara Rp 560.000 hingga Rp 570.000 per kwintal.

Namun menurut, Mamah (45) warga Kelurahan Simpeureum, Kecamatan Cigasong, harga gabah di wilayahnya hampir setiap hari mengalami kenaikan. Bandar-bandar gabah yang keliling ke rumah-rumah petani setiap harinya selalu menawarkan harga yang berbeda, kenaikannya setiap hari sekitar Rp 2.000 hingga Rp 10.000.

Disampaikan Mamah, harga gabah diprediksi masih akan mengalami kenaikan hingga beberapa bulan kedepan karena kemarau masih sangat panjang dan ketersediaan gabah dipetani akan terus  berkurang, besarnya harga gabah tahun ini diperkirakan akan jauh melampaui harga gabah tahun lalu yang hanya mencapai Rp 600.000 hingga per kwintal. (Abduh)

2217 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*