Petani Jagung Susah Lari dari Jeratan Tengkulak

MAJALENGKA (CT) – Sejumlah petani jagung di wilayah Majalengka mengaku kesulitan modal dan terpaksa berutang untuk menanam jagung. Hal tersebut dikatakan salah seorang petani jagung di Desa Haurgeulis Kecamatan Bantarujeg, Wawan (39). Menurutnya pihaknya terpaksa meminjam modal untuk menanam jagung ke tengkulak.

“Kami hanya punya tanah dan tenaga, saya berharap pemerintah bisa membantu sedikit modal bertani yaitu menanam jagung,” ungkapnya, Selasa (29/12).

Bahkan menurutnya tidak jarang seperti dilakukan oleh beberapa petani lainnya, yaitu untuk bertanam jagung modal semuanya dari tengkulak atau bandar mulai dari pembelian, bibit, pemupukan hingga pemetikan hasil panen.

“Jadi petani menjualnya hanya bisa ke bandar atau ke tengkulak, jadi walaupun harga jagung di pasaran naik tetap yang untung bandar atau tengkulak,” ungkapnya.

Menurutnya tidak jarang pembeli yang mau membeli jagung datang langsung ke petani dan menunggu petani yang sedang panen dibandingkan membeli lewat bandar atau tengkulak karena harganya lebih mahal.

“Biasanya yang membeli langsung ke petani dari Cirebon, Tasikmalaya atau Sukabumi, mereka membutuhkan jagung untuk pakan ternak ayam dan bahan makanan ringan seperti Chiki, berondong dan lainnya,” ungkapnya.

Petani jagung lainnya di Desa Girimulya Kecamatan Banjaran Dede (40) mengatakan sekarang dirinya lebih memilih menanam padi karena jagung harga jualnya hanya
Rp. 1.500 per kilogram dan tidak menguntungkan.

“Dulu sewaktu harga jagung Rp. 2.000 per kilogram lebih menguntungkan buat kami dibanding menanam padi karena biaya pengolahannya murah cukup sekali dipupuk saja, berbeda dengan menanam padi yang lebih ribet, dari mulai tandur (semai-red) sampai panen harus dibajak segala,” ungkapnya.(Abduh)

Akuntabilitas adalah sebuah konsep etika yang dekat dengan administrasi publik pemerintahan (lembaga eksekutif pemerintah, lembaga legislatif parlemen dan lembaga yudikatif Kehakiman) yang mempunyai beberapa arti antara lain, hal ini sering digunakan secara sinonim dengan konsep-konsep. (Abduh)

1476 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*