Petani Keluhkan Produksi Buah Mangga Cepat Busuk Akibat Curah Hujan Tinggi

Majalengkatrust.com – Sejumlah petani Mangga di Kabupaten Majalengka mengeluhkan tingginya curah hujan di dua bulan terakhir ini (September-Oktober-red) yang mengakibatkan buah Mangga cepat busuk.

“Tingginya curah hujan membuat kadar air di dalam Mangga menjadi banyak sehingga Mangga cepat busuk,” kata Ano (38) salah satu petani Mangga di Blok Pancurendang Kelurahan Babakan Jawa Kecamatan Majalengka, Minggu (23/10).

Menurut dia, tingginya curah hujan ini membuat buah Mangga yang hampir matang di pohon dan akan dipanen kadar airnya menjadi banyak sehingga daya tahannya menjadi cepat busuk.

“Gedong gincu yang biasanya tahan 1 bulan kini hanya 15 hari juga sudah busuk,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan daya tahan Mangga yang hanya 15 hari atau kurang, para petani seringkali rugi karena banyak Mangga yang dikirim ke pasar-pasar terutama yang ke luar kota seringkali busuk di perjalanan sebelum sampai ke pasar atau pedagang buah.

Hal senada dikeluhkan Yadi (35) petani Mangga lainnya, menurutnya Mangga jenis gedong Gincu dan Cengkir agak tahan lama busuknya, namun jenis Mangga Harumanis, Mangga Golek dan Simanalagi lebih cepat busuknya dengan kadar air tinggi di musim hujan.

Yadi mengungkapkan ada solusi untuk memperlama daya tahan Mangga agar tidak cepat membusuk dalam pengiriman Mangga yaitu dengan menggunakan boks pendingin, namun hal tersebut membutuhkan modal yang besar.

“Petani disini terkendala modal kalau menggunakan boks pendingin, mayoritas masih menggunakan cara tradisional dalam pengemasan Mangga dalam pengiriman yaitu dengan menggunakan keranjang dari bamboo atau kayu, harus punya modal besar agar bisa mengemas dengan cara modern seperti plastic dan boks pendingin dan sebagainya,” tukasnya. (Abduh)

1701 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*