Petani Penebang Hutan Ditangkap, Massa Kepung Mapolsek Kertajati

MAJALENGKA (CT) – Kepolisian Resort Majalengka menangkap tiga pelaku penebangan hutan liar, yang melakukan pencurian kayu, Rabu (21/10) jam 10.00 WIB di lokasi hutan milik Perum Perhutani KPH Majalengka di Blok Cibenda Desa Mekarmulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka yang dilakuan oleh Dasmin (90), Siman (32), dan Kasim (20). Ketiganya warga Desa Cantigi Kulon Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu.

“Ketiga pelaku melakukan penebangan 4 pohon Manium untuk bahan bangunan yang akan dibangun tempat tinggal dilahan Perhutani tanpa seijin pihak Perhutani,” kata Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid,S.Ik didampingi Kapolsek Kertajati AKP Abdul Majid kepada CT, Senin (26/10).

Kapolres mengungkapkan akibat penebangan yang dilakukan ketiga petani tersebut, pada hari Senin (26/10) jam 15.00 wib dari petugas perhutani sebanyak 5 petugas Perhutani. Salah satunya Rohman sebagai Mantri dan Hendrik sebagai petugas Polhutan Perum Perhutani KPH Majalengka melaporkan ke Polsek Kertajati. Kemudian dilakukan penangkapan ke tiga pelaku tersebut untuk dimintai keterangan dan pemeriksaan.

Namun dari pihak massa pendukung pelaku asal dari Cibenda sebanyak 20 orang mendatangi Polsek Kertajati agar ketiga pelaku tersebut dibebaskan. Sekitar jam 18.30 WIB Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid,S.Ik didampingi Kapolsek Kertajati AKP Abdul Majid mengimbau kepada masssa tersebut agar paham bahwa rekannya yang melakukan penebangan dan mendirikan bangunan tanpa seizin dari pihak Perhutani tetap salah, dan harus diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Jangan mau diprovokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, apalagi dari pihak Perhutani buat warga setempat sudah memberikan fasilitasi lahan tanah untuk menggarap tanaman padi, cabai, dan lain-lain,” imbau Kapolres.

Kapolres mengungkapkan saat ini ketiga pelaku tersebut langsung diamankan ke Mapolres majalengka oleh pihak Satreskrim Polres Majalengka. Untuk dimintai keterangan dan pemeriksaan atas penebangan pohon dan mendirikan bangunan tersebut tanpa seizin dari pihak Perhutani dan mengamankan barang bukti golok dan gergaji.

“Sekitar jam 21.00 WIB setelah diimbau, massa pendukung ketiga pelaku tersebut membubarkan diri kembali kerumahnya masing-masing namun Mapolsek Kertajati masih dijaga ketat oleh Satuan Dalmas antisipasi adanya serangan yang tidak diharapkan dari massa tersebut, untuk sementara situasi dalam keadaan kondusif,” jelas Kapolres. (Abduh)

17817 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*