Polres Majalengka Bongkar Sindikat Pemalsuan KTP dan Penggelapan Mobil Rental

Majalengkatrust.com – Kepolisian Resor Majalengka, mengungkap sindikat pemalsu Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang digunakan untuk menyewa mobil rental dengan niat untuk dijual atau digelapkan.

Menurut Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto, melalui Wakapolres Kompol Bobi Indra, pengungkapan kasus itu bermula adanya laporan dari salah seorang pemilik mobil Toyota All New Avanza Nopol E 1137 VM, Rini Amiati, warga Blok Ahad RT 002 RW 002 Desa Karangsambung Kecamatan Majalengka, yang mencurigai identitas yang digunakan penyewa bukan asli.

“Akibat mobil yang disewakannya tidak kunjung dikembalikan, namun setelah ditelusuri sesuai alamat KTP, ternyata alamatnya palsu,” kata Wakapolres Majalengka, Kompol Bobby Indra didampingi Kasat Reskrim Polres Majalengka, AKP Bimantoro Kurniawan,S.IK, seusai ekpose, Selasa (18/10).

Kronologis kejadian, penyewaan mobil dilakukan tersangka dengan merental mobil milik korban selama Satu hari. Untuk memuluskan aksinya itu, pelaku menyerahkan fotokopi KTP atas nama Agus Purwanto. Namun setelah satu hari mobil tersebut tak kunjung datang, dan ternyata pelaku malah menjual mobil itu ke orang lain.

“Dari situ kita langsung bergerak berdasarkan laporan polisi yang dibuat, bergerak untuk mengejar yang bersangkutan dan berhasil mengamankan tiga orang tersangka,” jelasnya.

Kompol Bobby mengatakan, penangkapan tersangka tidak akan berhenti sampai di situ, sebab dari hasil pengembangan pemeriksaan tersangka yang sudah dibekuk, ada lagi tersangka yang kini sedang dalam pengejaran petugas. Kemudian dari hasil pemeriksaan di Polres, sejumlah pelaku mengaku, identitas palsu tersebut sengaja dibuat untuk memuluskan aksi kriminalnya.

Sedangkan identitas Ketiga tersangka, yang diduga menjalin kerja sama untuk pemalsuan KTP dan kemudian merental mobil tersebut, yang telah dibekuk antara lain berinisial S alias Jay, warga Majalengka, Z warga Cirebon dan TJ warga Kuningan.

“Hubungan Ketiga tersangka ini memang ada kerja sama berniat menggelapkan mobil, dengan saling meminta bantuan dan menjanjikan upah dalam pembuatan KTP palsu,” imbuhnya

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa satu mobil Toyota Avanza, sepeda motor, surat-surat kendaraan, senjata api, beberapa KTP palsu serta sejumlah peralatan yang digunakan untuk membuat KTP palsu, diantaranya printer dan beberapa stempel serta peralatan lainnya.

“Pelaku akan kami jerat pasal 378 atau pasal 372 KUHPidana, dengan ancaman 4 tahun penjara,” pungkas Kompol Bobby. (Abduh)

3249 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*