Polres Majalengka Gelar Pasukan Operasi Lilin 2015

MAJALENGKA (CT) – Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016, Polres Majalengka melaksanakan gelar pasukan operasi Lilin Lodaya 2015 di halaman Mapolres Majalengka, Rabu (23/12).

Apel gelar pasukan diikuti di antaranya TNI, Satpol PP, Dishub, organisasi masyarakat dan kepemudaan dan lainnya. Bertindak sebagai Inspektur, Upacara Bupati Majalengka H. Sutrisno.

Bupati Sutrisno dalam sambutanya meminta seluruh jajaran bekerja maksimum mengamankan Natal dan Tahun Baru, serta memetakan potensi kerawanan yang ada.

“Petakan seluruh potensi kerawanan yang ada, supaya dapat segera dilakukan antisipasi, melalui deteksi dini dengan mengoptimalkan intelejen dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui segala dinamika yang terjadi dalam masyarakat,” tukasnya.

Lebih lanjut Bupati Sutrisno mengatakan kepada seluruh personel, agar tidak bersikap arogan dalam menjalankan tugas dan lebih mengedepankan tindakan simpatik.

“Utamakan tindakan simpatik, hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apa pun yang dapat merusak nama baik dan citra institusi,” pesannya.

Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, Bupati Sutrisno meminta anggota atau personel agar waspada mengantisipasi teror yang masih mungkin terjadi.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya aksi teror di tempat-tempat ibadah, pusat perbelanjaan, pusat keramaian, tempat wisata dan kegiatan masyarakat lainnya yang memanfaatkan momen Natal dan Tahun Baru,”imbuhnya.

Sementara Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid,S.Ik mengatakan, pihaknya menerjunkan 850 personel gabungan yang ditempatkan dengan memperhatikan skala ancaman pada pos pengamanan dan pelayanan, serta di titik rawan kriminalitas, kemacetan, dan kecelakaan lalu-lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas.

“Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesigapan dalam mengantisipasi terjadinya aksi teror yang memanfaatkan momentum Natal 2015 dan tahun baru 2016, khususnya titik rawan serta berpotensi menjadi target para pelaku teror,” ungkapnya.

Kapolres mengatakan pihaknya juga meningkatkan kegiatan patroli untuk mencegah terjadinya aksi balap liar, tawuran antar warga, sweeping tempat hiburan oleh kelompok masyarakat, pesta miras serta berbagai gangguan kamtibmas lainnya.

“Laksanakan terobosan kreatif yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dilapangan untuk meminimalisir terjadniya gangguan kamtibmas, seperti pemberlakuan car free night, contra flow, pengalihan arus kanalisasi pejalan kaki dengan pengendara, penyiapan kantong parkir maupun berbagai jenis rekayasa lainnya,” pesanya. (Abduh)

1890 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*