Polres Majalengka Terapkan Aplikasi Siskamling Berbasis Teknologi Informasi

Majalengkatrust.com – Kepolisian Resort Majalengka melaunching program E Ronda dalam apel besar Satlinmas di alun-alun Kabupaten Majalengka, Rabu (14/09).

Kapolres Majalengka, AKBP Mada Roostanto menyampaikan e-Ronda ini merupakan sistem keamanan teknologi informatika yang saat ini sedang berkembang dan kehadiran nya menyentuh semua bidang kehidupan bermasyarakat.

“E Ronda ini mengcover Rp 1,4 juta warga Majalengka digunakan untuk dukung upaya siskamling,”kata AKBP Mada.

Cara kerjanya lanjut dia.  dibangun sistem informasi cepat lewat SMS gateway, laporan masuk ke server kemudian disebar ke petugas ronda lingkungan setempat dan petugas babinkamtibmas desa tersebut.

“Sistem ini zero cost dan warga tinggal registrasi di Mapolsek setempat,”kata AKBP Mada.

Adapun manfaat dari E-Ronda, kata dia adalah menjaga keamanan dari tindak kejahatan maupun pelanggaran norma-norma yang ada di masyarakat, antisipasi gangguan Kamtibmas musibah dan bencana alam.

“Terutama antisipasi curanmor, curat dan curas, angka Curanmor ini paling tinggi di Majalengka dibanding kejahatan lainnya,”ungkapnya.

Selain itu, E-Ronda ini menurutnya untuk mempererat tali silaturahmi karena melibatkan semua lapisan masyarakat untuk melaksanakan ronda dan peningkatan rasa kebersamaan serta kepedulian lingkungan tempat tinggal.

Sementara itu Bupati Majalengka H. Sutrisno mengatakan terima kasih kepada Kapolres dan jajarannya karena menjaga situasi dan kondisi kondusif

“Diharapkan kerjasama kemitraan dengan Pemda akan semakin baik sehingga mendukung upaya kami mensejahterakan masyarakat Majalengka,”ungkap Sutrisno. (Abduh)

1620 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*