Puluhan Warga RT 01 Desa Cipeundeuy Majalengka Berikan Suara untuk Pemilihan Ketua RT

MAJALENGKA (CT) – Puluhan warga RT 01 RW 05 Blok Raksabumi, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka menggelar pemilihan ketua RT setempat dengan proses layakanya pemilihan kepala daerah atau kepala desa, Minggu (26/07).

Ketua Panitia Pemilihan RT, Muin Hasanudin didampingi Sekretarisnya, Empa Robun Gofur mengatakan pemilihan ketua RT ini dilaksanakan setelah sebelumnya telah terjadi kekosongan jabatan, karena ketua RT sebelumnya mengundurkan diri. Melihat kondisi itu, warga setempat sepakat melakukan pemilihan ketua RT yang baru.

“Partisipasi warga dalam menyalurkan hak pilihnya mencapai 80 persen. Dan selama pelaksanaan dari awal berjalan dengan lancar dan sukses, tanpa ada gesekan apapun,” ujarnya, Minggu (26/07).

Menurut Muin, dari tiga kandidat calon itu yang terdiri dari Andis, Husen dan Bahim. Andis menduduki suara terbanyak dan dinobatkan menjadi ketua RT Blok Raksabumi dan akan dilantik oleh Kepala Desa Cipeundeuy dalam waktu dekat ini.

“Jumlah hak pilih mencapai 131 orang. Yang mencoblos itu 89 orang dan satu suara tidak sah. Sedangkan raihan suara Andis mendapatkan 66 suara, Husen 13 suara dan Bahim 6 suara,”ucapnya.

Tokoh masyarakat Desa Cipeundeuy Aceng Abdul Halim mengatakan, pihaknya mengaku terharu dan bangga melihat pelaksanaan ketua RT di desanya. Menurut dia, pemilihan ini bisa sejarah di Kecamatan Bantarujeg bahkan di Kabupaten Majalengka karena jarang sekali terjadi.

“Kalau pemilihan RT di kota-kota itu hal yang biasa. Tapi kalau di desa itu luar biasa. Karena sangat jarang terjadi,”ucapnya.

Ditambahkan dia, pesta demokrasi yang berjalan demokraktis dan tanpa adanya money politik ini diharapkan menjadi pembelajaran berharga bagi negara Indonesia yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 5 Desember 2015 mendatang.

“Kami harapkan pembelajaran politik di tingkat RT ini bisa menjadi inspirasi bagi siapapun yang terjun di dunia politik, bahwasnya uang bukan segala-galanya dalam merengkuh kekuasaan. Yang terpenting memiliki kredibilitas, kapasitas, dan mumpuni serta bersikap adil, jujur dan bijaksana dalam memimpin masyarkatnya,” katanya. (Abduh)

3480 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*