PWI Kabupaten Majalengka Bentuk Koperasi

MAJALENGKA (CT) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka secara resmi membentuk koperasi, yang salah satunya tujuannya meningkatkan kesejahteraan wartawan.

Pembentukan sendiri dilaksanakan di Kantor PWI Jl.Gerakan Koperasi No 4 Kelurahan Majalengka Wetan Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Selasa (17/05.

Hasil musyawarah bersama pengurus dan anggota PWI, dibentuk struktur kepengurusan dari mulai dewan pengawas sampai ketua, sekretaris, dan bendahara. Adapun koperasi yang diberinama Koperasi PWI Majalengka ini bergerak dibidang multi usaha.

Ketua PWI Kabupaten Majalengka Jejep Falahul Alam menuturkan, latar belakang pembentukan koperasi bermula dari reses anggota DPR RI Maruarar Sirait, yang merasa prihatin melihat kondisi sebagian besar hidup wartawan masih belum sejahtera. Berangkat dari sana tercetus ide dan gagasan agar dibentuk koperasi wartawan.

Kenyataan itu sejalan dengan program kerja PWI Pusat yang mengagendakan pada tahun 2017 mendatang membentuk koperasi PWI di seluruh Indonesia.

“Pada Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PWI 2016 di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) belum lama ini.PWI pusat dan Menteri Koperasi menjalin kerjasama berencana membentuk koperasi. Dasar itulah yang menguatkan kami membentuk koperasi PWI di Majalengka, disamping memang itu kebutuhan yang sangat mendesak,” ucapnya.

Dia menambahkan, mengenai kegiatan usaha yang akan dilakukan koperasi wartawan rencananya cukup banyak antara lain membuka usaha percetakan, usaha ikan bakar laut atau bekerjasama dengan instansi terkait lainnya.

“Saat ini dari informasi yang kami terima dari Kementrian Koperasi dan UKM, terdapat sebanyak 209.000 koperasi di dunia.Tapi dari jumlah itu sebanyak 62.000 koperasi yang tidak aktif, sehingga ada 147.000 koperasi yang sedang terus dibina, karenanya membutuhkan dukungan semua pihak,”tuturnya.

Ketua Koperasi PWI Sabungan Simatupang mengatakan, saat baru dibentuk pra koperasi, namun persyaratan lainnya seperti badan hukum akan ditempuh dalam waktu dekat ini sesuai dengan AD/ART Koperasi.

Pihaknya berharap dengan adanya koperasi mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan dapat membantu kebutuhan organisasi PWI dalam menjalankan tugas dan kewajibanya.

“Rencananya koperasi PWI ini akan bisa bekerjasama dengan berbagai pihak dalam menjalankan unit usahanya.Kami berharap koperasi ini dapat bermanfaat bagi kesejahteraan wartawan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Dewan pengawas ditunjuk Ketua Tati Purnawati anggotanya Ade Rosito dan Jejep Falahul Alam. Sedangkan Ketua Sabungan Simatupang, Sekretaris Azis Muhtarom dan Bendahara Asep Sutrisno dan mengenai seksi-seksi akan dibentuk dalam rapat selanjutnya. (Abduh)

1620 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*