Rahman Satria Adi: Perlu Keberanian untuk Mengembangkan Wisata di Sindangwangi Majalengka

Majalengkatrust.com – Konsultan Pariwisata Rahman Satria Adi, yang merupakan pengelola dua tempat wisata di Sukabumi mengatakan, pengembangan wisata harus dimulai dengan berani, dengan cara  memaksimalkan segala potensi yang dimiliki.

“Perlu keberanian untuk mengembangkan wisata di Sindangwangi ini,  terutama dari masyarakatnya,” kata Rahman saat sarasehan wisata di bumi perkemahan Talaga Pancar Sindangwangi, Selasa (25/10).

Rahman menambahkan, kunci sukses tempat wisata yakni enak dan nyaman.  Di Bali, lanjutnya, ada tempat yang hanya sepersepuluh indahnya dari Buper Talaga Pancar Sindangwangi, tapi warga di desa tersebut berani membuat wisata dan berkeinginan dikenal dunia.

Hadir dalam sarasehan tersebut Camat Sindangwangi, para kepala desa, para pegiat pariwisata, Bappeda, Disporabudpar, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Rahman mengungkapkan, tadinya hanya sewa camping ground seluas 2 hektare dan sekarang sudah jadi banyak tamu bahkan dari tetangga desa.

“Di Sindangwangi itu masyarakatnya kompak dan punya potensi, itu yang harus dikembangkan, seperti kita punya rumah yang mengharapkan tamu datang,” tambahnya.

Camat Sindangwangi Ono Haryono mengatakan, Sindangwangi bagaikan penggalan tanah dari Kahyangan yang turun ke bumi.

“Masyarakat dan Muspika kompak dan mempunyai potensi wisata yang masih belum tertata secara maksimal,” ungkapnya.

“Kami mempunyai hamparan kebun durian di Bantaragung, Buper Leles ada air terjun,  Buper Awilega, ada kerajinan tangan, perikanan, bibit durian, talaga herang, Situ Cipeuteuy dan lain sebagainya. 2017 kampanye kunjungi Sindangwangi, Visit Majalengka kita bangun dan maju bersama terutama dari pemerintah desanya,”ungkapnya.

Kadishubkominfo Yusanto Wibowo melalui Kabid Kominfo Wawan Kurniawan mengatakan, tugasnya menyampaikan informasi tentang kepariwisataan dan semua kebijakan Pemkab di Majalengka.

“Saat ini kami akan menyampaikan tentang kepariwisataan melalui konsultan pariwisata dan pelaku pariwisata, semoga dapat memberikan pencerahan kepada kita semua,” ujar Wawan.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporabudpar Hj. Lilis Yuliasih mengatakan, dengan adanya sarasehan semoga membawa perkembangan bagi pariwisata di Majalengka.

“Kami dari Pemkab menjadikan pariwisata menjadi prioritas salah satunya Kawit Wangi dengan 1000 air terjunya, beberapa danau dan lainnya,” ujarnya.

Lilis mengungkapkan ada lima rencana strategis pengembangan pariwisata yaitu di Argapura, Paralayang, Kawitwangi, Lemahsugih dan Aerocity.

“Kami akan membuat regulasi Perda, dan MoU dengan lintas sektor dengan Desa, Perhutani, TNGC dan BBWS dan penguatan kelembagaan dengan PHRI dan lain-lain, serta peningkatan SDM pariwisata dan terakhir promosi,” ungkap Lilis.

Selain itu, lanjut Lilis, Majalengka memiliki potensi wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan yang harus dikembangkan dan tentunya  bermuara untuk kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat. (Abduh)

2061 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*