Rekayasa Lalin Malam Tahun Baru, Polres Majalengka Berlakukan Car Free Night

MAJALENGKA (CT) – Kepolisian Resort Majalengka akan memberlakukan rekayasa arus lalu lintas atau Car Free Night jelang malam pergantian tahun 2015-2016, di Jalan protokol KH Abdul Halim Majalengka dan sekitar alun-alun Kabupaten Majalengka, sebagai titik sentral pusat keramaian malam tahun baru.

“Car Free Night akan menutup jalur yang menghubungkan Kadipaten-Cigasong di jalan KH Abdul Halim sekitar alun-alun,” kata Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid kepada awak media, Kamis (31/12).

AKBP Yudhi menjelaskan, penutupan jalur atau Car Free Night untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan di kawasan Alun-alun Majalengka pada pergantian malam tahun baru.

“Prinsipnya, rekayasa jalur yang melewati Alun-alun Majalengka sama seperti Car Free Day hari libur atau Minggu. Sekarang juga sama, khusus untuk menyambut detik-detik pergantian tahun baru nanti, kami tutup jalur yang melintasi Alun-alun Majalengka. Sehingga dari bunderan Munjul sampai lampu merah Abok akan steril dari kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dan sudah dikoordinasikan dengan para stakeholder,” jelas AKBP Yudhi.

Ia memprediksi, pada malam pergantian tahun terjadi kepadatan di sejumlah ruas titik jalan utama yang menimbukan kemacetan, termasuk Jalan KH Abdul Halim.

AKBP Yudhi menambahkan, Car Free Night ini sebagai solusi kemacetan yang biasa terjadi jelang malam Tahun Baru. Satlantas akan mengambil kebijakan melakukan pengalihan arus untuk bisa mengurai kemacetan. Jika Jalan KH Abdul Halim ditutup, maka akan diberlakukan sistem jalur satu arah, yaitu kendaraan dari arah barat akan diarahkan dari bunderan Munjul ke Jalan Pemuda-Satari-Pesantren-Kehutanan-Pertanian-Kesehatan hingga simpang empat Abok.

Ia menambahkan, rekayasa lalu-lintas untuk dari arah timur, pengalihan arus akan dilihat lebih dulu sejumlah jalur alternatif yang akan digunakan. Sebab, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, dua ruas jalan utama seperti dari arah Rajagaluh dan Talaga, lebih sering dipadati kendaraan yang hendak masuk ke dalam kota.

“Kita juga akan kurangi volume kendaraan yang masuk dalam kota. Jadi bagi pengguna jalan dari arah timur yang akan merayakan pergantian tahun menuju Alun alun Majalengka, kami akan arahkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari Jalan Pasar lama ke Jalan Gerakan Koperasi. Sementara bagi kendaraan yang hendak menuju Kadipaten dan Bandung, maka kami arahkan dari Tugu Cigasong ke arah utara menuju jalan lingkar Baribis-Panyingkiran,”jelasnya.

Ia mengungkapkan Car Free Night, penutupan jalur KH Abdul Halim untuk kendaraan, tepat pada 31 Desember 2015 dimulai sekitar pukul 18.00 WIB dan baru dibuka kembali pada 1 Januari 2015.

“Potensi kemacetan perayaan pergantian tahun kali ini akan mengalami peningkatan ketimbang tahun lalu, Car Free Night ini untuk mengurangi kemacetan sehingga masyarakat bisa tenang dan nyaman dalam merayakan detik-detik pergantian malam tahun tahun 2016,” pungkasnya. (Abduh)

1977 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*